Skip to main content

Belut Eropa (Anguilla anguilla) Gunakan Magnet Sebagai Indera Keenam

Penelitian ~ Belut muda Anguilla anguilla menggunakan magnet sebagai indra keenam untuk menavigasi, laporan baru menjelaskan kemampuan menemukan arah setelah terseret arus laut yang menyapu mereka dari sungai. Belut muda Eropa merasakan medan magnet bumi dari tempat kelahiran mereka di Laut Sargasso ke sungai di mana mereka tumbuh dewasa.

Laporan Penelitian Belut Eropa (Anguilla anguilla) Gunakan Magnet Sebagai Indera Keenam

Belut dapat merasakan perubahan dalam medan magnet bumi untuk menemukan jalan raya dalam hamparan laut, bahkan jika harus berenang jauh dari tujuan awalnya. Anguilla anguilla kawin dan bertelur di perairan asin Laut Sargasso yang kaya rumput laut di Samudra Atlantik Utara.

Tapi ikan menghabiskan sebagian besar kehidupan dewasa di sungai air tawar dan muara di Eropa dan Afrika Utara. Persis bagaimana belut membuat perjalanan dari air laut ke air tawar telah membingungkan para ilmuwan selama lebih dari satu abad.

“Mereka sulit dipahami. Mereka bermigrasi di malam hari dan di kedalaman. Satu-satunya alasan kita tahu mereka bertelur di Laut Sargasso adalah larva yang dikumpulkan,” kata Lewis Naisbett-Jones, University of North Carolina di Chapel Hill.

Kura-kura dan salmon mendeteksi perubahan halus medan magnet bumi untuk membantu bermigrasi jarak jauh. Untuk menguji apakah belut mungkin memiliki kemampuan yang sama, Naisbett-Jones dan rekan menempatkan belut muda dalam tangki 3.000 liter air asin dikelilingi kawat tembaga.

Tanpa arus listrik, belut tidak berenang di arah tertentu. Tapi ketika medan magnet cocok mereka berenang ke sudut barat daya tanki yang menunjukkan bahwa belut menggunakan medan magnet sebagai panduan untuk bergerak dalam arah tertentu.

Tapi simulasi komputer mengungkap dorongan ke dalam Gulf Stream dan mungkin lebih efisien bagi belut daripada berenang di seberang Atlantik Utara. Sebuah medan magnet yang sesuai mendorong rute belut ke Eropa dalam tangki menuju timur laut untuk terus mengikuti Gulf Stream ke Eropa.

Jurnal : Lewis C. Naisbett-Jones et al. A Magnetic Map Leads Juvenile European Eels to the Gulf Stream, Current Biology, April 13, 2017, DOI:10.1016/j.cub.2017.03.015

Comments

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

Spesies baru Sulawesi Tarsius spectrumgurskyae dan Tarsius supriatnai

Immanuel Kant Benar Bahwa Kecantikan Membutuhkan Pemikiran

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Homo naledi Hidup dengan Homo sapiens Sampai Pleistosen Tengah