Skip to main content

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Laporan Penelitian Pemburu-pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tahun 2015 menemukan bahwa alat batu runcing tampaknya telah digunakan untuk menghapus jaringan membusuk dari gigi milik seorang pria yang dimakamkan di Italia utara sekitar 14.000 tahun lalu.

“Mereka menjadi bagian dari tren yang lebih luas atau tradisi intervensi gigi antara Zaman Batu dan pemburu-pengumpul akhir di Italia,” kata Benazzi.

Penggalian 20 tahun lalu di sebuah situs Riparo Fredian Italia menghasilkan sisa-sisa gigi dari enam orang, termasuk dua gigi depan. Studi mikroskopik jaringan membusuk di spesimen mengungkap tanda mengikis dan mengelupas ketika seseorang menggunakan batu runcing untuk memperluas rongga sebelum melepas bagian yang sakit gigi.

Analisis material kimia pada dinding rongga mengindentifikasi aspal, serat tanaman dan beberapa rambut. Penempatan aspal pada jaringan mungkin telah dilindungi terhadap infeksi lebih lanjut. Treatmen mulut menggunakan tusuk gigi dipraktekan jauh lebih tua sebelum menggunakan batu runcing. Anggota genus Homo mungkin telah menggunakan tusuk gigi sedini 1,77 juta tahun lalu.

Jurnal : G. Oxilia et al. The dawn of dentistry in the late upper Paleolithic: An early case of pathological intervention at Riparo Fredian, American Journal of Physical Anthropology, 27 March 2017, DOI:10.1002/ajpa.23216

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Dating Homo sapiens Tertua di Situs Jebel Irhoud di Maroko

Planet KELT-9b Mengorbit di Kutub Bintang KELT-9

LIGO Mendeteksi Gelombang Gravitasi Ketiga Merger Lubang Hitam

Bintang Bermassa Rendah Lahir Berpasangan