Thursday, September 1, 2016

Pencairan Es Greenland Membuka Perburuan Kehidupan Tertua Bumi

Laporan Penelitian Pencairan Es Greenland Membuka Perburuan Kehidupan Tertua Bumi
Penelitian ~ Greenland mungkin rumah bagi fosil tertua Bumi. Gundukan setua 3,7 miliar tahun sinyal mikroba awal. Sebuah patch salju yang mencair di mengungkap bukti kehidupan tertua di Bumi.

Tikar fosil mikroba membentang dalam struktur dating 3,7 miliar tahun mungkin membantu para ilmuwan menelusuri munculnya organisme relatif pertama segera setelah pembentukan Bumi sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

Tidak seperti tulang dinosaurus, batu mengawetkan bit makhluk kuno. Gundukan mineral beberapa sentimetr mungkin menyimpan kelompok mikroba beberapa ratus juta tahun setelah Bumi terbentuk. Formasi dan komposisi kimia disebut stromatolit persis dibentuk komunitas bakteri modern yang hidup di air laut dangkal.

Jika dikonfirmasi, fosil menunjukan kecanggihan bangunan kehidupan mikroba muncul di awal sejarah Bumi dimana punggung paling awal teori genetik dan kimia sebelumnya menempatkan munculnya kehidupan dasar di Bumi sebelum 4 miliar tahun lalu.

Bumi menggelora selama Arkean Eon dan para geolog mendapat babak kedua planet yang berlangsung sekitar 4 miliar hingga 2,5 miliar tahun lalu. Pada awal nya 500 juta tahun pertama Bumi berapi-api dengan panas sisa dari pembentukannya.

Gunung berapi berlimpah dan planet terlalu panas dengan lempeng tektonik, asteroid membombardir permukaan dan atmosfer minum metana dan amonia tidak ada sisa oksigen bebas. Matahari sudah redup bersinar hanya sekitar 75% dari kecerahan saat ini.

Jika ada kehidupan hardy berhasil selama waktu itu harus ditunjuk jejak dalam rekaman batu Arkean yang tampaknya tidak mungkin. Beberapa singkapan batuan Arkean di Bumi cenderung sangat metamorfosis dan labil oleh panas dan tekanan.

Ada beberapa temuan beruntung yaitu fosil sel 3,4 miliar tahun di garis pantai Australia kuno dan stromatolit terkenal dating 3,4 miliar tahun di Australia Barat yang diidentifikasi tahun 2006. Tapi batu tertua di Greenland di mana formasi dikenal sebagai Isua Supracrustal Belt (ISB) setua 3,7 hingga 3,8 miliar tahun.

Jurnal : Allen P. Nutman et al. Rapid emergence of life shown by discovery of 3,700-million-year-old microbial structures, Nature, 31 August 2016, DOI:10.1038/nature19355
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment