Skip to main content

Kamuflase Cretaceous, Pigmentasi Psittacosaurus Lebur Cahaya dari Predator

Laporan Penelitian Kamuflase Cretaceous, Pigrmentasi Psittacosaurus Lebur Cahaya dari Predator

Penelitian ~ Dinosaurus mengenakan kamuflase hutan untuk bersembunyi dari predator. Rekonstruksi akurat spesimen Psittacosaurus ornithischian yang sangat terawat baik bersembunyi dalam redup.

Kamuflase pola cerdas pigmentasi kulit membantu banyak hewan modern bersembunyi dari predator di depan mata. Hal yang sama juga berlaku 120 juta tahun lalu. Era Cretaceous selangkah lebih maju bagi dinosaurus bertanduk kecil untuk mencari tahu di mana kemungkinan besar hidup.

Para ilmuwan menemukan dinosaurus kerabat Triceratops terkenal bertanduk bersembunyi dari cahaya. Bagian atas lebih gelap menawarkan pola warna countershading sebagai bentuk umum kamuflase pada hewan modern di lantai hutan.

"Fosil mempertahankan countershading jelas berfungsi melawan bayangan kontras sehingga muncul optik datar bagi mata yang melihatnya," kata Jakob Vinther, biolog University of Bristol.

Psittacosaurus adalah burung beo kadal bertubuh kecil yang berlari dengan dua kaki makan kacang-kacangan dan biji-bijian di timur laut China ditemukan dalam lapisan batuan banyak spesies dinosaurus berbulu. Meskipun tidak memiliki bulu itu sendiri, pigmentasi sangat kompleks.

Countershading kemungkinan besar berfungsi untuk melindungi spesies terhadap predator yang menggunakan pola bayangan pada objek untuk menentukan bentuk. Sisik dinosaurus membawa melanosom yaitu struktur kecil pigmen melanin ditemukan di bulu dan kulit banyak hewan.

Sementara cahaya di savana terbuka datang langsung ke bawah dan melemparkan bayangan kasar dan transisi tajam pigmentasi terletak di bagian atas tubu, di hutan cahaya lebih menyebar dan transisi pigmentasi cenderung jauh ke bawah tubuh.

Jurnal : Jakob Vinther et al. 3D Camouflage in an Ornithischian Dinosaur, Current Biology, September 15, 2016, DOI:10.1016/j.cub.2016.06.065
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.