Skip to main content

Kamuflase Cretaceous, Pigmentasi Psittacosaurus Lebur Cahaya dari Predator

Laporan Penelitian Kamuflase Cretaceous, Pigrmentasi Psittacosaurus Lebur Cahaya dari Predator

Penelitian ~ Dinosaurus mengenakan kamuflase hutan untuk bersembunyi dari predator. Rekonstruksi akurat spesimen Psittacosaurus ornithischian yang sangat terawat baik bersembunyi dalam redup.

Kamuflase pola cerdas pigmentasi kulit membantu banyak hewan modern bersembunyi dari predator di depan mata. Hal yang sama juga berlaku 120 juta tahun lalu. Era Cretaceous selangkah lebih maju bagi dinosaurus bertanduk kecil untuk mencari tahu di mana kemungkinan besar hidup.

Para ilmuwan menemukan dinosaurus kerabat Triceratops terkenal bertanduk bersembunyi dari cahaya. Bagian atas lebih gelap menawarkan pola warna countershading sebagai bentuk umum kamuflase pada hewan modern di lantai hutan.

"Fosil mempertahankan countershading jelas berfungsi melawan bayangan kontras sehingga muncul optik datar bagi mata yang melihatnya," kata Jakob Vinther, biolog University of Bristol.

Psittacosaurus adalah burung beo kadal bertubuh kecil yang berlari dengan dua kaki makan kacang-kacangan dan biji-bijian di timur laut China ditemukan dalam lapisan batuan banyak spesies dinosaurus berbulu. Meskipun tidak memiliki bulu itu sendiri, pigmentasi sangat kompleks.

Countershading kemungkinan besar berfungsi untuk melindungi spesies terhadap predator yang menggunakan pola bayangan pada objek untuk menentukan bentuk. Sisik dinosaurus membawa melanosom yaitu struktur kecil pigmen melanin ditemukan di bulu dan kulit banyak hewan.

Sementara cahaya di savana terbuka datang langsung ke bawah dan melemparkan bayangan kasar dan transisi tajam pigmentasi terletak di bagian atas tubu, di hutan cahaya lebih menyebar dan transisi pigmentasi cenderung jauh ke bawah tubuh.

Jurnal : Jakob Vinther et al. 3D Camouflage in an Ornithischian Dinosaur, Current Biology, September 15, 2016, DOI:10.1016/j.cub.2016.06.065

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…