Wednesday, August 24, 2016

Misteri Peredupan Cahaya Bintang Tabby KIC 8462852 Terus Berlanjut

Laporan penelitian Misteri Peredupan Cahaya Bintang Tabby KIC 8462852 Terus Berlanjut
Penelitian ~ Drama bintang Tabby terus berlanjut. Fading lambat serta penurunan tajam baffle cahaya yang membuat berita utama perilaku aneh memberi misteri lebih bagi para astronom merenung.

Bintang Tabby juga dikenal sebagai KIC 8462852 entah kenapa berkedip-kedip dan memudar. Kepler Space Telescope menangkap 2 acara penurunan dramatis dalam cahaya hingga 22 persen terpisah hampir 2 tahun.

Foto-foto teleskop lainnya dating kembali pada tahun 1890 yang menunjuk bintang juga pudar 20 persen lebih banyak dari abad terakhir. Penjelasan yang mungkin untuk rentang perilaku adalah kawanan komet biasa hingga proyek-proyek raksasa alien.

Sebuah analisis baru data Kepler bahwa bintang Tabby terus meredup selama misi utama 4 tahun. Film tiba-tiba terlihat selama periode waktu yang sama. Selama 1.100 hari pertama, bintang redup hampir 1 persen dan cahaya turun lagi 2,5 persen selama 6 bulan sebelum off di akhir misi 200 hari.

Para ilmuwan pekan lalu melaporkan data baru mendukung klaim sebelumnya bahwa bintang memudar tahun 1890 dan 1989 dimana beberapa peneliti mempertanyakan. Sebuah cara ketiga menyatakan bintang adalah aneh, tidak hanya semakin redup, tapi juga pada tingkat berbeda.

Memudar lambat belum pernah terjadi dalam semua pengamatan karena data Kepler diproses menghapus tren jangka panjang yang mungkin membingungkan algoritma pencarian planet. Untuk menemukan peredupan, para astronom menganalisis citra teleskop yang biasanya hanya digunakan untuk mengkalibrasi data.

Analisis sangat teliti seperti pengamatan tahun 2015 yang melaporkan 2 penurunan terjal cahaya, meskipun belum menjelaskan perilaku bintang yang tidak menentu. Sebuah objek yang bergerak di depan bintang dan menghalangi kunatitas cahaya masih penjelasan paling populer.

Penurunan cahaya selama 1.100 hari misi Kepler mengingatkan sebuah planet melintas di depan bintang. Sedangkan bagaimana cahaya turun perlahan dan planet penyebab peredupan harus duduk di sebuah orbit lebih dari 60 tahun cahaya.

Awan pengembara antarbintang antara Bumi dan KIC 8462852 juga tidak mungkin karena medium antarbintang memiliki rumpun dan harus menjadi fenomena di mana-mana. Sementara beberapa quasar dan pulsar muncul berkedip karena intervensi materi tapi variasi adalah menit dan tidak 20 persen dips bintang Tabby.

Sebuah rumpun gas dan debu yang mengorbit bintang mungkin dihasilkan oleh tabrakan antara komet menjadi kandidat deskripsi lebih mungkin, meskipun tidak menjelaskan peredupan panjang selama berabad-abad.

"Tidak ada penjelasan semua efek yang kita lihat," kata Benjamin Montet, astronom California Institute of Technology.

Mengingat sifat tak terduga bintang, astronom perlu kewaspadaan terus-menerus memecahkan misteri. American Association of Variable Star Observers bekerja sama dengan astronom amatir mengumpulkan data kontinu dari teleskop rumahan di seluruh dunia.

Sementara para astronom lain sedang mempersiapkan untuk memantau KIC 8462852 menggunakan Las Cumbres Observatory Global Telescope Network yaitu jejaring teleskop di seluruh dunia yang bisa mengawasi bintangt terus-menerus bintang.

Referensi : Benjamin T. Montet & Joshua D. Simon. KIC 8462852 Faded Throughout the Kepler Mission, arXiv, Submitted on 3 Aug 2016, arXiv:1608.01316
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment