Langsung ke konten utama

Hiu Greenland Somniosus microcephalus Berumur 272 Hingga 500 Tahun

Laporan Penelitian Hiu Greenland Somniosus microcephalus Berumur 272 Hingga 500 Tahun
Penelitian ~ Hiu Greenland hampir buta adalah vertebrata paling lama hidup dunia. Hiu Somniosus microcephalus ditemukan setidaknya berumur 272 tahun bahkan mungkin bisa 500 tahun.

Hiu besar dan hampir buta yang hidup di perairan beku Atlantik Utara dan lautan Arktik secara resmi menjadi vertebrata berumur paling paling panjang di dunia. Umur minimal 272 tahun dan mungkin bisa 500 tahun atau lebih tua 211 tahun dibanding Paus Kepala Busur (Balaena mysticetus) sebagai pemegang rekor.

Laporan baru juga mengalahkan kabar populer yang belum pernah dikonfirmasi tentang kisah ikan mas koi perempuan sangat terkenal bernama Hanako yang konon hidup sampai berumur 226 tahun mengingat ikan harus sangat besar dan tumbuh perlahan jika berumur panjang.

Hiu Greenland dewasa dengan panjang lebih dari 6 meter bisa tumbuh lebih lama dan betina belum mencapai kematangan seksual sampai berumur 150 tahun. Sebuah studi tahun 1963 memperkirakan spesies tumbuh kurang dari 1 sentimeter per tahun, meskipun ukuran pasti umur bagaimanapun telah terbukti sulit.

Metode konvensional yaitu menghitung lapisan jaringan kalsifikasi yang tumbuh dalam skala sirip atau struktur tulang lainnya jadi bukan seperti menghitung lingkaran pohon. Tapi Hiu Greenland memiliki sirip bertulang kecil dan tulang belakang terlalu lembut untuk mengarsip lapisan.

Julius Nielsen, oceanografer University of Copenhagen, dan tim mengukur kadar radioaktif karbon-14 dalam serat lensa mata yang mencerminkan tingkat radiokarbon laut ketika lensa pertama kali terbentuk. Pengukuran 28 hiu selama survei tahun 2010-2013 menyarankan panjang 5,02 meter harus berumur antara 272 hingga 512 tahun.

Umur panjang hiu mungkin akibat pengeluaran energi lebih sedikit karena suhu tubuh dingin dan ukuran besar. Tidak semua dingin, spesies besar hidup sampai umur luar biasa sehingga menarik untuk mengetahui apakah hiu mempunyai kebiasaan tertentu atau trik molekul yang berkontribusi terhadap umur panjang.

Jurnal : Julius Nielsen et al. Eye lens radiocarbon reveals centuries of longevity in the Greenland shark (Somniosus microcephalus), Science, 12 Aug 2016, DOI:10.1126/science.aaf1703

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…