Tuesday, August 9, 2016

Game of Thrones Semut Pekerja Pheidole drogon dan Pheidole viserion

Penelitian ~ Semut yang baru ditemukan berkepala besar ditopang duri, tapi hanya otot tersembunyi semut pekerja Pheidole drogon dan Pheidole viserion berujung runcing di sepanjang leher.

Anggota terbaru, paling sulit dan beragam keluarga semut memiliki bantuan tambahan menopang kepala tinggi. Di hutan hujan Papua New Guinea, semut pekerja P. Drogon dan P. viserion memiliki duri sangat menonjol dari thorax.

Bagi banyak spesies semut, senjata runcing adalah pertahanan diri terhadap burung dan predator lainnya. Tapi para ilmuwan pekan lalu menyarankan duri naga untuk kepala kebesaran Game of Thrones adalah hiasan penampilan.



"Begitu besar bahwa ini membuat mereka sulit untuk berjalan," kata Eli M. Sarnat, entomolog Okinawa Institute of Science & Technology Graduate University di Jepang.

Micro-CT scan menunjuk semut pekerja dengan kepala lebih besar berisi bundel serat otot dada dalam duri di belakang kepala. Semut pekerja dengan kepala lebih kecil tidak memiliki otot di duri. Tidak jelas mengapa spesies berkepala besar tidak memiliki paku, tapi mtemuan baru engeksplorasi teori baru.

Jurnal : Eli M. Sarnat et al. Inordinate Spinescence: Taxonomic Revision and Microtomography of the Pheidole cervicornis Species Group (Hymenoptera, Formicidae), PLoS ONE, July 27, 2016, DOI:10.1371/journal.pone.0156709
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment