Monday, August 1, 2016

Lempeng Pasifik Berapi-Api Melahirkan Lautan Terbesar di Muka Bumi

Penelitian ~ Skenario baru mengusulkan kelahiran lempeng Pasifik. Potongan terbesar kerak Bumi lahir dengan aneh bahwa arah geliat tektonik menyebabkan lahirnya bisul terbesar kerak Bumi.

Sejumput bukti geologi yang menetap 190 juta tahun lalu merekonstruksi asal-usul lempeng tektonik Pasifik yang sekarang mencakup seperlima permukaan Bumi. Pelat terbentuk selama Jurassic awal dari 1 titik di mana 3 lempeng tektonik pernah bertemu.

Cerita kehidupan dan kematian tektonik adalah unik dalam sejarah Bumi. Kemunculan gundukan duduk di atas kuburan dari bagian lempeng yang tenggelam ke dalam planet membekas cekung tetap tertanam dalam mantel. Semua pelat modern lainnya dibentuk oleh 1 pelat yang membelah menjadi dua.

"Kami tidak yakin mengapa ini terjadi, tapi sekarang kita tahu bagaimana hal itu terjadi," kata Lydian Boschman, geolog Utrecht University di Belanda

Sebuah pergeseran rantai lempeng tektonik meliputi permukaan Bumi. Sementara potongan lempeng benua dapat datang miliaran tahun, kerak samudera tertua berumur sekitar 200 juta tahun. Hal-hal lain yang lebih tua telah tertelan ke dalam interior Bumi oleh subduksi.



Bagian tertua lempeng Pasifik bertanggal 190 juta tahun dan berbentuk segitiga sehingga para ilmuwan mendalilkan bahwa lempeng Pasifik yang terbentuk pada konvergensi 3 lempeng lainnya. Beberapa ilmuwan mengusulkan ketiganya berada dalam konfigurasi Y dengan pelat menyebar jauh dari titik pusat.

Sebagai pelat melayang, tanah terbelah dan kerak baru terbentuk sebagai batuan cair yang diekstrusi ke dasar laut dan mendingin. Tapi setup 3 pegunungan yang menyebar tidak akan membuat pelat baru. Materi baru telah membuat pelat yang ada semakin lebih besar.

Cerita dimulai dengan 3 lempeng tektonik yang meluncur bersama-sama dengan salah satu plat menggulung di atas bagian lain dan memaksa segmen pelat menuju ke kedalaman Bumi. Segmen menyebabkan persimpangan 3 arah. Tapi bukannya bergerak menjauh dari titik pusat, 3 piring bertemu dan satu sama lain dalam gerakan kincir.

Ketiga lempeng sekarang meluncur melewati satu sama lain dan kesenjangan terbuka di tengah. Batuan cair segar dari interior Bumi bergegas mengisi kekosongan dan menciptakan inti lempeng Pasifik. Penyebaran pegunungan terbentuk di setiap sisi tunas dan menambah batu pada ketiga lempeng asli.

"Lempeng Pasifik adalah yang terbesar di Bumi, tetapi dimulai dari terkecil," kata Boschman.

Para ilmuwan sebelumnya menggunakan pencitraan seismik untuk mengidentifikasi sisa-sisa lempeng tektonik cekung barat Costa Rica bahwa pelat yang hilang bisa menandai tempat kelahiran lempeng Pasifik. Boschman dan rekan memverifikasi cerita ini.

Jurnal : Lydian M. Boschman et al. On the enigmatic birth of the Pacific Plate within the Panthalassa Ocean, Science Advances, 27 Jul 2016, DOI:10.1126/sciadv.1600022
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment