Saturday, July 30, 2016

Orangutan Belajar Vocal Percakapan Sama Seperti Cara Dilakukan Manusia

Penelitian ~ Orangutan belajar meniru percakapan manusia untuk pertama kalinya. Rocky, laki-laki berumur 11 tahun, di Indianapolis Zoo membuka petunjuk evolusi ucapan manusia.

Pongo menunjukkan kemampuan meniru ucapan manusia untuk pertama kalinya bahwa suatu prestasi membuat lebih dekat dalam memahami bagaimana suara pertama manusia berevolusi dari komunikasi leluhur kera besar. Rocky menghasilkan suara seperti kata-kata dalam konteks percakapan manusia.

"Jendela bagi kita mempelajari lebih lanjut kapasitas vokal hominid awal yang hidup sebelum percabangan antar garis keturunan orangutan dan manusia dan melihat bagaimana sistem vokal berkembang sepenuhnya pada manusia," kata Adriano Lameria, antropolog University of Durham.



Sebuah permainan di mana kera menirukan pitch dan nada suara manusia kemudian membuat panggilan vokal. Perbandingan suara orangutan liar dan penangkaran menunjuk fitur sangat berbeda. Rocky bisa belajar suara baru dan mengendalikan aksi suara seperti cara manusia ketika melakukan percakapan.

"Anggapan selama ini suara yang dibuat kera besar non-manusia didorong oleh gairah di mana mereka tidak memiliki kontrol. Tapi kami membuktikan orangutan memiliki kapasitas mengendalikan aksi suara mereka," kata Lameria.

"Kontrol suara yang ditunjukkan manusia berasal dari evolusi nenek moyang dengan kapasitas kontrol suara yang sama seperti ditemukan pada orangutan dan semua kera besar yang lebih umum," kata Lameria.

Jurnal : Adriano R. Lameira et al. Vocal fold control beyond the species-specific repertoire in an orang-utan, Scientific Reports, 27 July 2016, DOI:10.1038/srep30315
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment