Saturday, July 23, 2016

Lubang Hitam Langsung Runtuh Dari Gas Tanpa Sempat Membentuk Bintang

Penelitian ~ Lubang hitam lahir tanpa orang tua bintang. Sebuah lubang hitam langsung runtuh dari gas dapat menjelaskan pengamatan di galaksi terpencil tanpa sempat membuat bintang.

Sebuah galaksi jauh pelabuhan jenis lubang hitam yang muncul langsung dari awan besar gas daripada terbentuk setelah kematian bintang. Spesimen langka menjelaskan bagaimana beberapa galaksi dibangun lubang hitam raksasa miliar tahun pertama umur alam semesta atau lebih setelah Big Bang.

Galaksi CR7 sangat tidak biasa membual ledakan radiasi ultraviolet lebih dari galaksi lain yang hidup sekitar 13 miliar tahun lalu atau 800 juta tahun persis pasca Big Bang. Gas juga tampaknya miskin unsur-unsur karbon dan oksigen yang ditempa dalam bintang dan kemudian dihamburkan ke ruang angkasa.

Satu hipotesis CR7 melahirkan bintang generasi pertama mirip bintang-bintang pertama yang pernah terbntuk di alam semesta. Hipotesis lain bahwa CR7 pabrik yang "runtuh langsung" ketika sebuah gumpalan gas antarbintang runtuh oleh beratnya sendiri tanpa sempat membentuk bintang.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan simulasi yang mengeksplorasi bagaimana gas berinteraksi keras dengan radiasi bintang primordial atau lubang hitam besar. Cahaya cache panas bintang muda tidak biasa menjelaskan mengapa sebidang gas melarikan diri dari CR7 sekitar 580.000 kilometer per jam.

Puing radiasi disk superpanas berputar-putar di sekitar lubang hitam kira-kira 100.000 kali massa Matahari. Jika CR7 ternyata bukan tuan rumah sebuah lubang hitam, laporan baru adalah bukti pertama lubang hitam terbentuk dari awan yang belum melahirkan bintang.

Hingga saat ini para astronom berjuang menjelaskan bagaimana beberapa lubang hitam supermasif terbentuk di sekitar 1 miliar tahun hanya dari gabungan lubang hitam kecil. Sebuah lubang hitam runtuhnya langsung menciptakan benih besar dalam satu langkah tumbuh menjadi raksasa sebanyak beberapa miliar kali Matahari.

Jurnal : Aaron Smith et al. Evidence for a direct collapse black hole in the Lyman α source CR7, Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, May 12, 2016, DOI:10.1093/mnras/stw1129
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment