Wednesday, July 20, 2016

Dinosaurus Gualicho shinyae Karnivora Bipedal Berlengan Pendek 2 Jari

Penelitian ~ Karakteristik ikon kadal tiran dinosaurus aneh, lengan depan yang tampaknya sia-sia kecil. Gualicho shinyae bersenjata relatif jauh lemah dibanding Tyrannosaurus rex.

Sekitar 90 juta tahun lalu spesies dinosaurus karnivora bipedal dengan berat 450 kg, panjang 6-7 meter, kaki panjang tapi lengan kecil seukuran anak manusia dan membual cakar 2 digit menjelajahi tanah sekarang Argentina menunjuk keragaman theropoda yang meliputi tyrannosaurus dan velociraptors.

Sementara theropoda awal memiliki 5 digit jari primitif, dinosaurus yang baru saja digali memiliki 2 jari. Lengan dan jari yang sama dengan Tyrannosaurus rex tapi keduanya kerabat jauh yang berarti evolusi berkembang sama sekali independen.

"Keanehan yang langsung melekat benar-benar lengan depan. Keduanya tidak berevolusi dari nenek moyang bersenjata pendek. Leluhur mereka memiliki senjata lebih," kata Nathan Smith, paleontolog Natural History Museum of Los Angeles County.

Para ilmuwan menyajikan temuan yang digali dari Neuquén Basin di Patagonia utara sebagai spesies baru G. shinyae. Kedua genus dan spesies baru allosaur bergabung dalam sejumlah theropoda lain terutama tyrannosaurus dan abelisaurs yang secara independen berevolusi lengan pendek dan lemah.

Hal yang umum dalam evolusi theropoda adalah tema yang berulang dan keistimewaan Gualicho tidak hanya contoh lain dari theropoda berenjata pendek, tapi juga theropoda primitif yang memendekkan lengan dalam cara yang sangat mirip dengan cara tyrannosaurus, meskipun tetap misterius.

"Penjelasan sederhana bahwa anggota badan berkurang di garis keturunan mereka mungkin lebih mengandalkan rahang untuk menangkap mangsa atau evolusi yang lain mungkin menyingkirkannya sepenuhnya," kata Smith.

Sementara mungkin hanya ada sejumlah cara evolusi pemendekan lengan depan, anatomi dan bentuk tungkai di antara dinosaurus mengisyaratkan ada berbagai tekanan seleksi alam yang bermain. Anda mendapatkan lebih banyak contoh evolusi konvergen.

Jurnal : Sebastián Apesteguía et al. An Unusual New Theropod with a Didactyl Manus from the Upper Cretaceous of Patagonia, Argentina, PLoS ONE, July 13, 2016, DOI:10.1371/journal.pone.0157793
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment