Tuesday, July 19, 2016

Mikroskop Bawah Laut Amati Kehidupan Skala Mikro Rahasia Dunia Bentik

Penelitian ~ Mikroskop baru memungkinkan ilmuwan menonton karang. Benthic Underwater Microscope (BUM) menonton polip karang di lepas pantai Israel dan Maui sedang makan, menari dan berciuman.

Teknologi baru mikroskop bawah air memungkinkan para ilmuwan mendapatkan view dari dekat dan kehidupan rahasia tarian karang. Benthic Underwater Microscope (BUM) memungkinkan penjelajahan dunia bawah laut dengan cara belum pernah terjadi sebelumnya.

Mikroskop dilengkapi kamera resolusi sangat tinggi, komputer bawah air antarmuka dengan penyelam, lampu LED terang untuk paparan gambar cepat dan fleksibel serta lensa tajam yang memungkinkan para ilmuwan melihat struktur bawah laut dalam 3 dimensi.



"Untuk memahami evolusi proses dinamis yang terjadi di laut, kita perlu mengamati mereka pada skala yang sesuai," kata Jules Jaffe, oceanografer University of California San Diego.

Karang sebagai invertebrata megah terlihat stasioner, tetapi dalam skala mikro dibangun makhluk kecil disebut polip yang terlihat mirip ubur-ubur terbalik melekat pada sisi bawah terumbu karang. Jutaan polip bekerja sama membangun terumbu karang dengan mengeluarkan kalsium karbonat.

Mikroskop baru memungkinkan peneliti mengamati polip kecil karena bergoyang lembut, makan dan tampaknya menari. Posisi diri hingga 2 inci dari polip dan menonton saat mereka menangkap plankton kecil dan udang air asin dengan tentakel bergoyang pelan.


Mikroskop disetting semalam menggumpulkan rekaman ciuman post-meal sebagai cara berbagi nutrisi ke seluruh koloni karang. BUM juga mengungkap sisi lebih keras kehidupan rahasia polip ketika menaklukkan spesimen lemah dengan mengeluarkan enzim perut untuk menghancurkan pesaing.

Mikroskop bawah air sebagai instrumen pertama dasar laut pada skala kecil adalah bagian dari tren baru dalam penelitian laut yang membawa laboratorium ke laut. Selanjutnya close-up partikel kecil memberi janji upaya untuk memahami bagaimana karang bernapas melalui pertukaran gas.

Jurnal : Andrew D. Mullen et al. Underwater microscopy for in situ studies of benthic ecosystems, Nature Communications, 12 July 2016, DOI:10.1038/ncomms12093
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment