Skip to main content

Kanibalisme dan Penggunaan Alat Tulang Sesama Homo neanderthalensis

Penelitian ~ Homo neanderthalensis di Belgia makan satu sama lain 40.000 tahun lalu. Anggota subspesies manusia tampaknya juga memiliki alat kuno dari tulang mereka sendiri.

Novel kanibalisme ditulis dari sebuah gua di mana para ilmuwan menemukan tanda bantalan tulang yang ditinggalkan oleh pemotongan yang disengaja. Tidak hanya kanibal karena sepupu Homo sapiens tampaknya juga memiliki alat kuno dari tulang spesies mereka sendiri.

Neanderthal sebagai subspesies manusia yang hidup di Eropa dan Asia Barat selama ratusan ribu tahun sebelum punah antara 30.000 hingga 40.000 tahun lalu seiring kedatangan H. sapiens dari Afrika menunjuk bahwa 2 jenis manusia kawin silang dan berbagi DNA sampai 4%.


Tulang terbaring di gua Goyet dekat Namur di Belgia memiliki tanda pemotongan, lubang dan takik yang menandakan pengolahan daging dan ekstraksi sumsum. Petunjuk lain kanibalime Neanderthal muncul sebelumnya di Spanyol dan Perancis.

Empat tulang dari Goyet jelas menunjuk penggunaan sisa-sisa tulang yang meninggal sebagai alat. Satu tulang paha dan 3 tulang betis digunakan untuk membentuk alat batu. Dalam cara yang sama tulang hewan yang sering digunakan sebagai alat pemecah.

"Indikasi ini memungkinkan kita menganggap bahwa Neanderthal mempraktekkan kanibalisme. Banyak sisa-sisa kuda dan rusa ditemukan di Goyet diolah dengan cara yang sama," kata Hervé Bocherens, geolog University of Tübingen di Jerman.

Jurnal : Hélène Rougier et al. Neandertal cannibalism and Neandertal bones used as tools in Northern Europe, Scientific Reports, 06 July 2016, DOI:10.1038/srep29005

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…