Tuesday, July 12, 2016

Sistem Triple Bintang, Exoplanet HD 131399Ab Mengorbit 3 Bintang

Penelitian ~ Planet besar memiliki 3 bintang. Exoplanet HD 131399Ab muncul tak terduga terletak sekitar 320 tahun cahaya duduk di tempat yang aneh dalam sistem bintang tiga.

Bayangan Star Wars adalah fiksi belaka, tetapi dunia benar-benar ada di galaksi kita bahwa para astronom menonton HD 131399Ab menggunakan pencitraan langsung ketika planet ekstrasurya mengitari 3 bintang di layar snapshot dunia aneh yang seharusnya tidak ada.

Anda benar-benar dapat menemukan dunia aneh di mana-mana di luar teori. Exoplanet berada di antara 3 bintang dengan masing-masing bola api saling menarik satu sama lain benda angkasa yang lebih kecil dan orbit menunjuk bahwa planet tertatih-tatih di tepian yang ditendang keluar dari sistem bintang.



Bola gas raksasa 4 kali massa Jupiter berada dalam ayunan sistem bintang, tetapi melihat matahari terbit dan matahari terbenam dari ketiganya. Sebuah planet gas dengan 3 matahari dan bermassa raksasa telah dinodai oleh para astronom di luar dalil umum.

"Semua planet lainnya di sistem bintang ganda yang kita tahu adalah orbit lebih dekat dengan salah satu bintang, sehingga jauh lebih mengingatkan kasus planet yang mengorbit bintang tunggal," kata Kevin Wagner, astronom University of Arizona.

"Bintang-bintang lainnya yang begitu jauh di kejauhan tidak benar-benar memiliki banyak efek. Tapi planet ini sekitar sepertiga di antara bintang-bintangnya," kata Wagner.

HD 131399Ab mengorbit bintang A, tapi orbit planet ekstrasurya memiliki sepertiga jarak 2 bintang lainnya yaitu B dan C yang berdekatan. Planet tertarik gravitasi dari 2 bintang lainnya dan para ilmuwan menduga orbit tidak stabil sehingga dikeluarkan dari sistem menjadi massa planet mengambang bebas.

Jika HD 131399Ab berada di orbit stabil seharusnya sudah dikeluarkan sejak dulu atau hanya mengambil beberapa abad ketika berinteraksi dengan tarikan gravitasi dengan 2 bintang lain yang memaksa exoplanet keluar dari sistem seluruhnya. Tapi sistem ini sekitar 16 juta tahun.


Tidak ada kejelasan apakah orbit stabil atau tidak stabil karena Wagner dan tim mengamati hanya sekitar 1 tahun dari orbit yang mengambil waktu 550 tahun Bumi. Ketidakpastian besar masih di atas meja bahwa bintang mungkin memahat orbit planet dari waktu ke waktu, mengubah orbit dan sistem begitu muda.

"Kita akan harus menunggu sedikit lebih lama sebelum bisa memperbaiki perkiraan pada orbit planet," kata Wagner.

Sama seperti Jupiter, HD 131399Ab adalah raksasa gas sebagian besar hidrogen dan helium. Ketiga bintang yang terlihat di langit planet sekitar setengah dari orbit 550 tahun. Setiap hari di sebagian besar tahun diisi malam dan siang bersamaan dengan triple sunset dan sunrise.

"Selain setiap hari, mereka mencapai titik di mana titik siang konstan selama sekitar seperempat dari orbitnya atau kira-kira 140 tahun Bumi," kata Wagner.

Jurnal : Kevin Wagner et al. Direct imaging discovery of a Jovian exoplanet within a triple-star system, Science, 07 Jul 2016, DOI:10.1126/science.aaf9671
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment