Wednesday, June 8, 2016

Roket Nano Melesat Teknologi Propulsi Pengiriman Kargo Skala Mikro

Penelitian ~ Propulsi otonom skala nano salah satu obsesi paling menantang selama dekade terakhir banyak kemajuan penting. Nanoteknologi dan materiologi memberi kontribusi penciptaan Nanomotor.

Sejak nanoteknologi mulai diperkenalkan pada tahun 1959 oleh fisikawan Richard Feynman yang menginspirasi insinyur merancang dan memproduksi perangkat skala nano dan sistem mikro mampu beroperasi kompleks di lokasi yang sebelumnya tidak dapat diakses.

Pesatnya perkembangan ilmu roket selama abad ke-20 meletakkan dasar regim angkasa dan mendorong kemajuan industri yang signifikan. Skala besar roket terdiri dari mesin kuat memanfaatkan reaksi kimia untuk menghasilkan daya dorong akselerasi cepat dan propulsi.

Dorongan yang luar biasa yang dihasilkan oleh mesin-mesin yang besar dapat mengatasi gravitasi dan tekanan untuk memecahkan atmosfer Bumi, memungkinkan pengiriman kargo, satelit dan astronot ke dalam dan ke luar orbit Bumi.



Secara khusus roket mikro dan nano menawarkan kemampuan mengesankan termasuk kecepatan yang luar biasa, pasukan kargo-towing besar, ketepatan kontrol gerak dan dinamis yang membuka jalan untuk merancang mesin nano multifungsi dan cerdas.

Para ilmuwan University of California San Diego di La Jolla merancang angkutan nano serbaguna dapat mendorong dan fungsi media kehidupan nyata yang kompleks, aktif mengangkut dan melepaskan muatan terapi dan agen remediasi untuk aplikasi biomedis dan lingkungan yang beragam.

Roket nano adalah tantangan tersendiri ketika merancang efisiensi dan menyajikan deskripsi perilaku propulsi, metode fabrikasi, ptensi bahan bakar, strategi navigasi, aplikasi praktis dan prospek masa depan ilmu roket serta teknologi pada skala nano.

Jurnal : Jinxing Li et al. Rocket Science at the Nanoscale, ACS Nano, May 24, 2016, DOI:10.1021/acsnano.6b02518
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment