Tuesday, June 7, 2016

Jejak Bison Menelusur Jelajah Manusia Kuno ke Amerika Sebelum Es Mencair

Penelitian ~ Fosil bison mengarsip rute misterius pemukim manusia ke Amerika. Manusia kuno tidak terlalu menunggu pencairan es untuk menetap dunia baru dari Asia.

Di akhir Zaman Es terakhir manusia melakukan epik petualangan ke Amerika tiba dari Siberia melintasi jembatan tanah yang sekarang tenggelam di bawah Selat Bering, tapi tepat ketika menyeberang dan bagaimana kemudian menyebar ke seluruh Amerika masih misteri.

Petunjuk tersebar di 2 benua dan pembahasan rumit bahkan saling bertentangan tentang kisah bagaimana orang-orang menaklukkan daerah baru. Bukti dating masyarakat manusia yang ditemukan terjauh ke timur menjulur di Florida 14.500 tahun lalu dan mencapai Chile lebih dari 15.000 tahun lalu.

Jejak yang ditinggalkan oleh pemburu zaman es mengerucut bahwa orang menjelajah Amerika utara dari Alaska cenderung melalui sepanjang pantai Pasifik, tapi jalur Rocky Mountains yang diteorikan sebelumnya tetap tidak bisa ditinggalkan.

Pekan ini para ilmuwan melaporkan sejumlah temuan lainnya yang menantang cerita tradisional orang kuno menyapu Amerika dalam migrasi tunggal 13.500 tahun lalu. Analisis mengikuti contoh pemburu kuno dan melacak tulang raksasa bison melalui pegunungan.

"Hal yang menarik tentang koridor Rocky Mountain adalah jalur terbuka hingga 21.000 sampai 23.000 tahun lalu ketika lapisan es di sebelah barat dan timur datang bersama-sama dan benar-benar populasi terpisah," kata Pete Heintzman, ekolog University of California Santa Cruz.

Melalui analisis DNA dari 78 fosil bison, Heintzman dan tim menemukan 2 populasi berbeda di utara dan selatan dan mampu melacak ketika hewan bermigrasi dan kapan serta di mana mereka kawin. Bison utara dan selatan mulai berbaur terbuka sekitar 13.000 tahun lalu.

Temuan baru berarti pegunungan harus sudah bersih dari es lebih dari 1000 tahun setelah manusia menjelajah ke selatan meskipun data bison hanya menawarkan batas kelayakhunian koridor bebas es dan mungkin manusia bisa menggunakannya sebelum bison.

"Benar-benar sulit untuk memikirkan sknario lain. Sekitar 14.000 hingga 15.000 tahun lalu masih neraka es di mana-mana. Jika tidak terbuka, rute pesisir adalah penjelasan paling sederhana," kata Heintzman.

Koridor Rocky Mountains masih penting sebagai rute migrasi utara dan selatan. Bukti artefak manusia menunjuk orang mungkin bermigrasi dari selatan kembali ke utara melalui koridor bebas es jadi berputar-putar di sekitar pegunungan dalam mengejar bison.

Ujung tombak khas orang-orang Clovis di situs New Mexico di mana artefak pertama kali ditemukan juga ditemukan di selatan di mana mendukung dating koridor 13.500 tahun lalu. Tapi situs Clovis di Alaska tidak lebih dari 12.600 tahun.

Bison diburu manusia kuno di seluruh dunia dan termasuk di antara hewan paling umum di Amerika Utara. Mereka selamat dari kepunahan massal yang membunuh mamalia besar lainnya seperti mammoth, serigala, singa Amerika dan sloth raksasa.

Tinggi 2 meter, bison padang jauh lebih besar dan populasi kecil selamat melewati zaman es sampai beberapa abad lalu. Bison Amerika modern adalah keturunan raksasa padang utara, meskipun hidup di selatan jauh dari jangkauan nenek moyang.

Jurnal : Peter D. Heintzman et al. Bison phylogeography constrains dispersal and viability of the Ice Free Corridor in western Canada, Proceedings of the National Academy of Sciences, June 6, 2016, DOI:10.1073/pnas.1601077113
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment