Langsung ke konten utama

Warisan Alan Turing Pola Non-Fibonacci Bunga Matahari Helianthus annuus

Penelitian ~ Bunga matahari Helianthus annuus tumbuh dari warisan Alan Turing. Solusi atas teka-teki matematika yang diusulkan matematikawan Alan Turing akhirnya terbukti setelah 60 tahun kematiannya.

Proyek inovatif penanaman ribuan bungga matahari yaitu Turing Sunflowers yang dibangun berdasarkan pekerjaan matematikawan University of Manchester Alan Turing pada tahun 1954 akhirnya menunjuk pola matematika baru yang ditemukan pada spiral kepala bunga matahari.

Seratus tahun setelah Turing lahir ribuan keluarga, sekolah dan petani Manchester dan di seluruh dunia terlibat dalam proyek terbesar dari jenisnya melibatkan analisis 500 bunga matahari merayakan kerja Turing dan membantu memecahkan teka-teki matematika tanaman.

Para ilmuwan pekan lalu melaporkan contoh indah pola spiral H. annuus yang sebelumnya tidak memilki angka Fibonacci dan dianggap pengecualian aturan pada akhirnya telah mendapat model matematika baru untuk menjelaskan bagaimana pola-pola berbeda terjadi di alam.



"Eksperimen sains warga yang dibangun dari karya Alan Turing mengambil lebih lanjut tantangan matematikawan menciptakan berbagai model termasuk pola non-Fibonacci. Kita tidak bisa melakukan ini tanpa kontribusi para petani di seluruh dunia," kata Jonathan Swinton, biolog komputasi Deodands Ltd.

Alan Turing adalah ilmuwan kode dan kecerdasan buatan yang membantu memecahkan sidik rahasia Enigma selama Perang Dunia II begitu terpesona pola matematika yang ditemukan di batang, daun dan biji tanaman dikenal sebagai phyllotaxis.

Spiral di kepala bunga matahari sering sesuai dengan nomor Fibonacci dan Turing adalah salah satu dari sejumlah ilmuwan yang mencoba untuk menjelaskan 'Fibonacci phyllotaxis', meskipun dia sendiri meninggal sebelum pekerjaan terselesaikan.


"Kami sangat bangga eksperimen ini dipublikasikan dan orang-orang dapat mendownload. Warisan Alan Turing menginspirasi orang di seluruh dunia dan semakin bersemangat dengan matematika," kata Erinma Ochu, sejarahwan sains University of Manchester.

Jurnal : Jonathan Swinton et al. Novel Fibonacci and non-Fibonacci structure in the sunflower: results of a citizen science experiment, Royal Society Open Science, 18 May 2016, DOI:10.1098/rsos.160091

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…