Wednesday, June 15, 2016

Gaya Kawin Froggy Style Katak Malam Bombay (Nyctibatrachus humayuni)

Penelitian ~ Kamasutra mengaya posisi kawin amfibi ke langit tujuh. Katak Malam Bombay (Nyctibatrachus humayuni) jantan mengandalkan transfer sperma tidak langsung.

Katak-katak rahasia yang berkembang biak hanya di malam hari dan selalu di puncak musim hujan ketika aksi dimulai. Pada daun diguyur hujan, cabang dan batang pohon, amfibi berpasangan. Perempuan mengirim sinyal bersedia dan laki-lakinya menyentuh kepala dengan jari-jari kaki.

Video yang mengintip adegan langka kehidupan intim mengungkap biologi tak terduga dengan gaya baru pelukan kawin. N. humayuni hanya hidup di Western Ghats India yang berisi banyak keanekaragaman hayati belum diselidiki berisi kamasutra langsung dari alam.

Laki-laki mengambil posisi longgar di punggung betina dengan tangan di tanah atau daun. Gaya straddle dorsal, pejantan kemudian melepaskan sperma ke punggung betina. Kemudian sebuah langkah yang tidak biasa mundur sebelum meletakkan telur. Sperma menetes ke kaki dan membuahi telur.



Para ilmuwan pekan ini melaporkan kehidupan tersembunyi di hutan yang dikumpulkan dari catatan lapangan berupa foto dan rekaman video inframerah 13 pertemuan untuk menggambarkan kebiasaan pemuliaan katak N. humayuni secara rinci.

"Ini luar biasa. Sejauh ini posisi kawin ini hanya dikenal pada Katak Malam Bombay," kata Sathyabhama Das Biju, enviromentalis University of Delhi.

Pada tahun 2002 ketika Biju pertama kali menyaksikan hewan rahasia yang berkembang biak hanya pada malam hari dan selalu di puncak musim hujan sekilas aneh. Butuh 8 tahun lebih untuk memupuk didedikasi mengungkap kebiasaan pemuliaan misterius.

Di bawah sorotan para ilmuwan yang mengidentifikasi 6 posisi kawin di antara 6.650 spesies katak di dunia, laki-laki menjadi gesper di punggung perempuan, memegang ketiak dan kepala, melampirkan diri ke punggung dengan substansi lengket. Tapi Katak Malam Bombay tidak melakukannya satu pun.


Laki-laki memanjat ke tubuh perempuan dan adegan berikutnya tak terduga. Tidak mendekap pasangan, tapi memegang cabang atau daun terdekat untuk menenangkan diri kemudian melepaskan air mani. Segera setelah itu wanita mengangkat bahu laki-laki dan meletakkan telurnya.

"Ini berbeda dari 6 posisi lain karena laki-laki tidak memahami wanita di bawah ketiak atau kepalanya, melainkan menempatkan tangannya pada batang daun, cabang atau pohon," kata Biju.

Panjang 5cm panjang semua laki-laki memiliki panggilan sama, tapi perempuan mengeluarkan panggilan mereka sendiri. Perkelahian antar laki-laki jika ada penyusup yang menerobos dan predasi ular yang memakan 80% telur sudah dibuahi.

Jurnal : Bert Willaert et al. A unique mating strategy without physical contact during fertilization in Bombay Night Frogs (Nyctibatrachus humayuni) with the description of a new form of amplexus and female call, PeerJ, June 14, 2016, DOI:10.7717/peerj.2117
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment