Skip to main content

Perangkat Organik Pemancar Cahaya Mampu Merenggang 100 Persen

Penelitian ~ Perangkat pemancar cahaya organik melar memberi janji semakin dekat teknologi elektronik yang melekat dipakai melekat di tubuh diproduksi mesin manufaktur.

Perangkat-perangkat elektronik elastis menjadi semakin penting seiring kecepatan tumbuh kembang peralatan yang dapat dipakai langsung ke tubuh seperti perangkat biomedis dan teknologi pemantauan indikator-indikator aktivitas kesehatan.

Meskipun perangkat yang sangat elastis telah dibuktikan, efisiensi elemen bercahaya dan stabilitas mekanik tetap tidak praktis untuk keperluan aplikasi kehidupan nyata mengingat tantangan penting yang timbul dari keterbatasan material yang digunakan.

Para ilmuwan pekan lalu melaporkan pengembangan proses tekuk laser yang diprogram untuk mengatasi hambatan tersebut dan dioda pemancar cahaya organik sangat elastis dengan efisiensi ketahanan mekanik menampung 100% regangan.



Jurnal : Da Yin et al. Efficient and mechanically robust stretchable organic light-emitting devices by a laser-programmable buckling process, Nature Communications, 17 May 2016, DOI:10.1038/ncomms11573
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.