Langsung ke konten utama

Dokumentasi Rinci Pertama Aktivitas Homoseksual Gorila Perempuan

Penelitian ~ Perilaku homoseksual perempuan didokumentasikan pertama kalinya pada gorila. Fasilitas Dian Fossey Gorilla Fund International mencatat bukti rinci pertama aktivitas lesbian gorila.

Sementara bonobo terkenal repertoar seksual kaya mencakup tindakan homoseksual, banyak perilaku homoseksual Great Apes lainnya kurang dipahami. Tapi untuk pertama kalinya bukti gorila lesbian di hutan semakin panas dan beruap bersama-sama di Volcanoes National Park, Rwanda.

Para ilmuwan mengamati perempuan terlibat dalam "kedekatan kelamin" dan "menggosok kelamin" disertai "pengucapan vokalisasi sanggama" selama tindakan mungkin adalah bahasa seksual yang sejauh ini hanya pernah diamati di penangkaran.

"Mengingat semua pengamatan ini berasal dari kelompok liar, bukan gorila di penangkaran, jelas bahwa aktivitas homoseksual adalah bagian dari perilaku alam," kata Cyril Grueter, biolog University of Western Australia.

Setidaknya 18 dari 22 gorila betina ditemukan terlibat dalam aktivitas seksual dengan perempuan lain. Pengamatan menarik untuk menguji 3 hipotesis yang mungkin menjelaskan perilaku menegaskan dominasi, penguatan ikatan sosial dan rekonsiliasi setelah bertengkar.

Perempuan mendapatkan kesenangan dari interaksi seksual dengan perempuan lain berlawanan dengan teori-teori lain bahwa perilaku homoseksual pada primata digunakan sebagai sebuah pernyataan agresif dominasi selain sebagai bentuk ikatan sosial.

Tapi Grueter memiliki hipotesis sendiri yang siap diverifikasi bahwa perempuan terlibat dalam perilaku lesbian untuk mengurangi motivasi perempuan lain berhubungan seks dengan laki-laki sehingga mengamankan keberhasilan reproduksi diri sendiri dan sumberdaya bagi keturunannya.

"Tak satu pun dari ketiga hipotesis sebelumnya memiliki dukungan yang konsisten. Penjelasan yang lebih prosaik bahwa perilaku homoseksual lebih sering pada saat-saat perempuan juga terlibat dalam sanggama heteroseksual," kata Grueter.

"Satu hal gorila betina memiliki kesamaan dengan perempuan manusia yang telah banyak didokumentasikan dengan baik bahwa mereka dapat beralih dari homoseksual ke heteroseksual," kata Grueter.

Jurnal : Cyril C. Grueter and Tara S. Stoinski. Homosexual Behavior in Female Mountain Gorillas: Reflection of Dominance, Affiliation, Reconciliation or Arousal? PLoS ONE, May 11, 2016l, DOI:10.1371/journal.pone.0154185

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…