Skip to main content

Gundukan Lanskap Surales Adalah Deposit Kotoran Cacing Tanah Andiorrhinus

Penelitian ~ Gundukan misterius sebenarnya kotoran raksasa cacing tanah. Lanskap Surales dibentuk dari lumpur kotoran cacing tanah raksasa Andiorrhinus yang bersarang.

Cacing tanah adalah insinyur di balik bagunan seluas 75.000 kilometer persegi, padat, spasi teratur dan lanskap gundukan bermotif disebut surales di lahan basah tropis musiman Amerika Selatan. Gundukan padat spektakuler menutupi area luas yang cukup lama miterius.

Penduduk setempat umumnya sepakat lanskap Surales berisi kerajaan cacing tanah yang menciptakan gundukan, tapi jenis, sistem yang bekerja, bagaimana mereka melakukannya, dan selebihnya tidak ada yang mengetahui.

Selama musim hujan di Orinoco Llanos dari Columbia hingga Venezuela fitur lanskap aneh muncul di banyak tempat berupa gundukan berumput selebar 5 meter dan tinggi 2 meter dikelilingi air. Anda harus melompat setiap gundukan atau berjalan dengan susah payah nyemplung air rawa di sekitarnya.


Sekarang para ilmuwan melaporkan bahwa pelakunya adalah cacing tanah raksasa Andiorrhinus yang dapat tumbuh hingga panjang 1 meter sebagai kontraktor dan gundukan itu sendiri sebenarnya sebagian besar tersusun dari kotorannya.

Selama musim hujan, tanah tertutup lapisan tipis air. Kotoran Andiorrhinus menciptakan deposit atau gip sebagai menara yang memberikan akses udara untuk bernapas. Cacing kemudian kembali ke menara dengan semakin banyak setoran material sehingga terbangun gundukan.


Gundukan muda didominasi cacing Andiorrhinus, tapi seiring waktu ketika gundukan semakin besar spesies cacing lainnya mulai membuat rumah di sana serta tanaman dan akhirnya gundukan cukup besar tumbuh pepohonan. Gundukan dibangun dengan menggali tanah dari sekitarnya sehingga parit semakin dalam.

Jurnal : Anne Zangerlé et al. The Surales, Self-Organized Earth-Mound Landscapes Made by Earthworms in a Seasonal Tropical Wetland, PLoS ONE, May 11, 2016, DOI:10.1371/journal.pone.0154269

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…