Skip to main content

Titik Poin Gen Tunggal RCAN1 Sindrom Down dan Diabetes Tipe 2

Penelitian ~ Salah satu gen kunci bertanggung jawab timbulnya diabetes tipe 2 telah diidentifikasi dan membuka kemungkinan desain obat untuk memerangi kondisi.

Diabetes adalah kondisi kronis paling cepat berkembang menjadi tipe 2 yang mengisi akuntan 85 persen dari semua kasus dan perbandingan gen yang terlibat cacat sekresi insulin orang-orang dengan diabetes tipe 2 juga terjadi pada orang dengan sindrom Down.

Obesitas salah satu faktor risiko utama diabetes tipe 2, tapi sebagian orang gemuk tidak mengembangkan diabetes tipe 2 dan hingga kini tidak dimergerti. Sekarang ada persamaan langsung apa yang terlihat pada sindrom Down dan sel beta diabetes tipe 2.

Orang yang mengembangkan diabetes tipe 2 terkait kegagalan sel beta di pankreas sehingga sekresi insulin rendah, disfungsi mitokondria dan peningkatan stres oksidatif. Penelitian sebelumnya menunjuk kondisi sama juga tercermin pada sindrom Down yang memiliki salinan tambahan kromosom 21.

Para ilmuwan menggunakan 4 model tikus, 2 dengan gula darah tinggi dan 2 kontrol, untuk mengidentifikasi gen yang menggandakan sindrom Down dan kontribusi untuk masalah sekresi insulin. Ketika mencari tumpang tindih genetik, Down menunjuk 38 gen.

"Ada persamaan langsung sindrom Down dan sel beta diabetes tipe 2 dengan menghasilkan kandidat gen tunggal disebut RCAN1," kata Damien Keating, biolog Flinders University di Adelaide.

Ekspresi berlebihan RCAN1 menyebabkan cacat pada sel-sel beta yang meniru perubahan pada diabetes tipe 2 dan mengurangi sekresi insulin. Para ilmuwan akhirnya berharap membalikkan proses untuk meningkatkan sekresi insulin dengan menghambat fungsi RCAN1.

Perbandingan analisis genetik populasi umum dengan orang-orang sindrom Down dapat digunakan untuk menyelidiki genetika di belakang penyakit lain termasuk Alzheimer, gagal jantung kongenital, masalah pencernaan dan beberapa jenis kanker seperti leukemia.

Jurnal : Heshan Peiris et al. A Syntenic Cross Species Aneuploidy Genetic Screen Links RCAN1 Expression to β-Cell Mitochondrial Dysfunction in Type 2 Diabetes, PLOS Genetics, May 19, 2016, DOI:10.1371/journal.pgen.1006033

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…