Skip to main content

Kejutan Listrik Awan dengan Laser Potensi Manipulasi Iklim Bumi

Penelitian ~ Kejutan listrik awan dengan laser bisa memecah suhu planet. Teknologi masa depan memungkinkan manipulasi kristal es untuk mengubah iklim Bumi.

Ledakan Laser mungkin bisa mengubah termostat Bumi dengan menghancurkan kristal es yang ditemukan di awan cirrus. Teknik baru bisa mengatasi pemanasan global dengan memaksa awan untuk memantulkan lebih banyak sinar Matahari kembali ke angkasa.

Para ilmuwan menyuntikkan tetes air ke dalam ruang dingin yang meniru kondisi dingin di atmosfer tinggi di mana awan cirrus tipis membekukan air menjadi partikel es bulat kemudian dengan waktu singkat dan intens menembak dengan sinar laser.

Ketika laser memukul partikel es dengan bentuk plasma ultra panas di pusatnya menghasilkan gelombang kejut yang menghancurkan partikel terpisah dan menguapkan banyak es. Uap air berlebih yang tersisa kemudian mengembun dan membeku menjadi partikel es baru yang lebih kecil.



Tapi bermain-main dengan awan cirrus bisa menjadi bumerang jika para ilmuwan tidak hati-hati karena awan juga memerangkap panas melalui efek rumah kaca sehingga memecah partikel es justru bisa menghangatkan Bumi. Potensi bekerja jika benar-benar menargetkan jenis tertentu awan cirrus.

Jurnal : Mary Matthews et al. Laser vaporization of cirrus-like ice particles with secondary ice multiplication, Science Advances, 20 May 2016, DOI:10.1126/sciadv.1501912

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…