Monday, May 23, 2016

Kejutan Listrik Awan dengan Laser Potensi Manipulasi Iklim Bumi

Penelitian ~ Kejutan listrik awan dengan laser bisa memecah suhu planet. Teknologi masa depan memungkinkan manipulasi kristal es untuk mengubah iklim Bumi.

Ledakan Laser mungkin bisa mengubah termostat Bumi dengan menghancurkan kristal es yang ditemukan di awan cirrus. Teknik baru bisa mengatasi pemanasan global dengan memaksa awan untuk memantulkan lebih banyak sinar Matahari kembali ke angkasa.

Para ilmuwan menyuntikkan tetes air ke dalam ruang dingin yang meniru kondisi dingin di atmosfer tinggi di mana awan cirrus tipis membekukan air menjadi partikel es bulat kemudian dengan waktu singkat dan intens menembak dengan sinar laser.

Ketika laser memukul partikel es dengan bentuk plasma ultra panas di pusatnya menghasilkan gelombang kejut yang menghancurkan partikel terpisah dan menguapkan banyak es. Uap air berlebih yang tersisa kemudian mengembun dan membeku menjadi partikel es baru yang lebih kecil.



Tapi bermain-main dengan awan cirrus bisa menjadi bumerang jika para ilmuwan tidak hati-hati karena awan juga memerangkap panas melalui efek rumah kaca sehingga memecah partikel es justru bisa menghangatkan Bumi. Potensi bekerja jika benar-benar menargetkan jenis tertentu awan cirrus.

Jurnal : Mary Matthews et al. Laser vaporization of cirrus-like ice particles with secondary ice multiplication, Science Advances, 20 May 2016, DOI:10.1126/sciadv.1501912
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment