Tuesday, May 17, 2016

Orang-Orang Pra-Clovis Sudah Menghuni Florida 14,5 Ribu Tahun Lalu

Penelitian ~ Scuba diving menempatkan pemburu-pengumpul di Florida 14.550 tahun lalu. Dating alat batu menambah bukti bagi penduduk pra-Clovis di Amerika Utara.

Permainan pemburu besar budaya Clovis harus mengakhiri reputasi mereka sebagai pemukim awal Amerika Utara karena setidaknya 1000 tahun sebelum orang Clovis menjelajahi Great Plains sekelompok pemburu-pengumpul lain membantai mastodon atau memulung bangkai di Gulf Coast Florida.

Alat-alat batu ditemukan di sebuah lubang di bawah air di Sungai Aucilla menunjuk bahwa orang-orang hadir di situs Page-Ladson yang sesekali kering 14.550 tahun lalu sebelum orang-orang Clovis muncul di Amerika Utara sekitar 13.000 tahun lalu.

Radiokarbon ranting, biji dan fragmen tanaman dari lapisan sedimen terendam memberi perkiraan kalender solid beserta 6 artefak batu yang digali para penyelam arkeolog. Potongan-potongan batu tipis dipalu dari bongkahan batu. Penyelam juga menemukan instrumen pemotong batu.


"Tapi manusia dan mastodon berinteraksi butuh setidaknya 2.000 tahun proses kepunahan untuk menyelesaikan panggung," kata Daniel Fisher, paleontolog University of Michigan.

Penggalian selama tahun 2012-2014 juga menemukan tulang hewan yang menunjuk pemburu-pengumpul Florida kuno hidup bersama mastodon, bison dan makhluk besar lainnya selama 2000 tahun sebelum hewan punah sekitar 12.600 tahun lalu.

Situs Page-Ladson adalah salah satu kasus terbaik arkeologi pra-Clovis di Amerika. Kehadiran manusia di awal sudut tenggara Amerika Utara sejalan dengan semakin banyak bukti bahwa mereka melintasi jembatan tanah yang menghubungkan Asia timur laut dengan Alaska sekitar 23.000 tahun lalu.

Dari 15.000 sampai 14.000 tahun lalu manusia mengeksplorasi dan menetap banyak di bagian Amerika. Temuan-temuan terbaru menyingkirkan teori populer bahwa orang Clovis adalah penduduk pertama di Dunia Baru, meskipun beberapa peneliti mempertanyakan apakah situs setua yang dilaporkan.

"Ini penting bagi kita untuk menerima pada waktu itu bahwa ada yang lebih tua dari Clovis," kata Jessi Halligan, geokronolog Florida State University.

Investigasi bawah air di situs Florida pada tahun 1983-1997 menghasilkan 8 artefak batu dan gading mastodon yang merekonstruksi alur paralel orang-orang bersenjatakan alat batu. Dating radiokarbon sekitar 14.400 tahun menulis hipotesis pembantaian mastodon.

Selain itu pemeriksaan ulang lekukan gading mastodon menyimpulkan bahwa pengguna alat meningglkan bekas saat mengeluarkan gading dari tengkorak bahwa orang di Page-Ladson mencari jaringan makanan di dasar gading dan di rongga tengkorak serta gading untuk senjata.

Pra-Clovis di Florida mungkin memiliki banyak kesempatan untuk berburu atau mengais sisa-sisa makhluk tersebut. Konsentrasi tinggi spora Sporormiella yaitu jamur kotoran hewan herbivora muncul dalam beberapa lapisan sedimen yang terendam.

Bukti tidak langsung lainnya yang menunjuk ke arah mastodon dan hewan punah lain ditemukan di Gulf Coast Florida pada kalender yang sama dengan pra-Clovis. Tidak ada tanda-tanda Sporormiella di sedimen 12.600 tahun sehingga para peneliti menduga banyak hewan besar di Amerika Utara sudah punah.

Jurnal : Jessi J. Halligan et al. Pre-Clovis occupation 14,550 years ago at the Page-Ladson site, Florida, and the peopling of the Americas, Science Advances, 13 May 2016l, DOI:10.1126/sciadv.1600375
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment