Wednesday, May 11, 2016

Genom Wortel Ungkap Beta-Karoten Warna Oranye Kaya Vitamin A

Penelitian ~ Genom wortel mengungkap akar warna oranye dan nutrisi tinggi. Supermarket berutang kerendahan hati warna oranye untuk gen wortel yang baru ditemukan.

Sekuen genom pertama paling komprehensif sayuran yang menyoroti evolusi warna oranye khas dan nilai gizi wortel dengan huruf-huruf genetik bisa meningkatkan beta-karoten serta kualitas mineral berbagai tanaman termasuk selada dan seledri.

Kitab favorit kelinci membuka teknologi editing genom ketika DNA diinput, didelete atau diganti dengan organisme lain untuk meningkatkan kadar beta-karoten pada tanaman seperti ubi kayu menjadi kaya vitamin A yang menjadi makanan pokok di banyak negara berkembang.

Wortel adalah anggota keluarga Apiaceae yang meliputi seledri, peterseli, adas, ketumbar, dill dan ubi yang berpisah dari bunga matahari, artichoke dan selada sekitar 72 juta tahun lalu. Setidaknya 2 gen bertanggung jawab mengkonversi leluhur tipe liar wortel putih menjadi oranye.

Gambar: Philipp Simon

Sejarah wortel memiliki akar putih kecil dengan interior kayu kemungkinan besar berasal dari daerah Iran dan Afghanistan dan masih tumbuh hingga hari ini. Manusia pada awalnya menanam untuk daun aromatik, tetapi lebih dari ratusan tahun petani mengubah subspesies alami menjadi akar lebih besar dan tanpa kayu.

Para ilmuwan mengidentifikasi lebih dari 32.000 gen sayuran akar tunggang populer kemudian mengurutkan genom dari 35 spesimen berbeda dan subspesies baik liar dan budidaya dalam upaya untuk memahami bagaimana wortel berkembang menjadi seperti apa yang Anda lihat di kulkas.

"Sekuen genom wortel juga mengurutkan gen-gen tertentu di bagian tertentu yang mencakup gen-Y. Kami menemukan akun gen-Y untuk akumulasi pigmen karotenoid oranye dan kuning di akar wortel," kata Philipp Simon, genetikawan University of Wisconsin-Madison.

Sebuah gen bertanggung jawab untuk konsentrasi tinggi beta-karoten untuk akumulasi kimia karotenoid yang diubah oleh tubuh manusia menjadi vitamin A. Warna kuning, oranye atau merah buah dan sayuran juga ditemukan pada beberapa produk hewani seperti kuning telur dan mentega.

Domestikasi wortel kuning dan ungu didokumentasi di Asia Tengah sekitar 1000 tahun lalu dan versi oranye muncul di Belanda akhir abad ke-16 mungkin persilangan wortel kuning dengan ungu dan menjadi salah satu komoditas ekonomi paling penting hari ini.

"Kami berharap penggunaan langsung seluruh urutan genom bagi pemuliaan tanaman publik dan swasta yang tahan penyakit dan sifat produksi benih," kata Simon.

Jurnal : Massimo Iorizzo et al. A high-quality carrot genome assembly provides new insights into carotenoid accumulation and asterid genome evolution, Nature Genetics, 09 May 2016, DOI:10.1038/ng.3565
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment