Monday, May 9, 2016

Jumlah Mikroba di Bumi 1 Triliun Spesies dan 99,9 Persen Belum Didokumentasi

Penelitian ~ Planet Bumi rumah bagi 1 triliun spesies mikroba. Analisis baru data mikroba memperkirakan dunia diisi 1 triliun spesies dan hanya 0,001 persen diidentifikasi.

Mikroba mengisi sebagian besar planet yang memainkan peran penting dalam fungsi sehari-hari bagi kehidupan seperti siklus nutrisi, pencernaan, air bersih dan banyak lagi bahkan diperkirakan 40 persen ekonomi dunia berasal dari sumber daya makhluk mikroskopis.

Jika kehilangan keanekaragaman hayati, manusia kehilangan link jejaring kehidupan yang menyediakan jasa ekosistem penting dan kehilangan kesempatan menemukan inovasi bio-terinspirasi masa depan. Tapi jumlah tepat speies mikroba tetap tidak diketahui atau bahkan mustahil.

Para ilmuwan pekan lalu melaporkan kombinasi hukum skala dan model keanekaragaman hayati menghasilkan perkiraan baru jumlah spesies mikroba di Bumi pada suatu tempat antara 1011 hingga 1012 atau antara 100 miliar hingga 1 triliun dan 99,999 persen spesies menunggu dijelajahi.

"Kami menggabungkan dataset terbesar dengan model ekologi dan aturan ekologi baru bagaimana kelimpahan keanekaragaman hayati memberi kami perkiraan baru dan presisi," kata Jay Lennon, biolog Indiana University di Bloomington.

Fakta perkiraan jumlah spesies di Bumi adalah salah satu tantangan besar dalam biologi dan mudah diperdebatkan. Lennon dan rekan mengumpulkan data dari 20.376 survei bakteri, archaea dan jamur plus 14.862 sampel di pohon, burung dan mamalia dari 35.000 lokasi di seluruh dunia.

Perkiraan sebelumnya menempatkan rentang 3 juta hingga 100 juta dan sebuah laporan pada tahun 2011 memperkirakan 8,7 juta spesies eukariota yang meliputi tanaman, hewan, jamur dan beberapa organisme bersel tunggal dengan sekitar 86 persen belum didokumentasi.

Estimasi jumlah mikroba berdasarkan pada pola kecenderungan dikenal sebagai hukum scaling atau hukum yang mendeskripsi sifat suatu ekologi. Banyak hukum skala cukup mapan diterapkan pada komunitas tumbuhan atau hewan, tapi sebagian besar tidak terpeta pada mikroba.

Jurnal : Kenneth J. Locey and Jay T. Lennon. Scaling laws predict global microbial diversity, Proceedings of the National Academy of Sciences, May 2, 2016, DOI:10.1073/pnas.1521291113
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment