Monday, May 9, 2016

Atopodentatus unicus, Tengkorak Cocor Bebek Reptil Laut Herbivora

Penelitian ~ Reptil laut kepala martil dengan gigi seperti jarum sebenarnya vegetarian. Tengkorak cocor bebek luar biasa, Atopodentatus unicus, mewakili herbivora paling awal.

Reptil laut yang berenang dalam lautan jauh sebelum onset dinosaurus berhias rahang palu sangat khas bersama deretan gigi seperti jarum. Wajah tampak menakutkan, tapi rahang untuk tujuan yang kurang menakutkan yaitu mengikis ganggang dari batu.

Fosil-fosil terbaring di Luoping County, China selatan, menjelaskan keragaman kehidupan penjelajah lautan beberapa juta tahun setelah peristiwa kepunahan dahsyat yang terjadi 252 juta tahun lalu selama Trias Tengah yang sebelumnya diduga kepala tergencet.

Panjang 3 meter dari kepala sampai ekor, A. unicus memiliki leher agak memanjang dan kepala mengherankan kecil untuk ukurannya dengan fitur ganjil tampaknya rahang berisi banyak gigi dikemas dalam moncong pipih terkulai.

Hewan makan invertebrata kecil di lumpur dasar laut dengan vacum air kemudian menyaring melalui gigi jarum seperti gaya makan flamingo. Dua tengkorak baru dan sebagian besar utuh melengkapi laporan tahun 2014 lebih akurat mendeskripsi wajah bahwa moncong downturned adalah rahang martil.

Gambar: Li Chun et al.

Para peneliti pekan lalu melaporkan bahwa A. Unicus menggunakan cocor bebek di depan mulut untuk mengelupas alga dari batu di perairan pantai dangkal dan kemudian menyaring melalui deretan gigi seperti jarum persis bagaimana mulut bebek bekerja dengan sebenarnya.

"Kita perlu merekonstruksi gigi unik bagaimana kedua rahang saling mengunci dan bekerja untuk memastikan interpretasi," kata Nicholas Fraser, paleontolog National Museums Scotland di Edinburgh.

"Fosil ini memberi kejutan bahwa dunia berbeda secara keseluruhan. Sekarang kita mulai menerima lingkungan aneh dan indah yang memunculkan bentuk tubuh sangat asing," kata Fraser.

A. Unicus harus hidup sekitar 10 juta tahun setelah kepunahan Permian Akhir yaitu peristiwa brutal kepunahan massal yang menyapu 90% kehidupan di laut dan 70% di darat. Lautan pulih dan diversifikasi setelah kehancuran mengisi semua ceruk kosong dalam jejaring makanan seperti hidup melompat kembali.

Gambar: Y. Chen, IVPP

"Setelah kepunahan massal Permian Akhir diterima secara luas bahwa butuh waktu beberapa juta tahun untuk tingkat trofik sepenuhnya pulih. Tapi kami menemukan 243 juta tahun atau lebih yang lalu ada kelompok sangat kompleks dan beragam reptil laut," kata Fraser.

"Temuan niche benar-benar baru dengan herbivora di laut menguatkan hipotesis bahwa pemulihan terjadi jauh lebih cepat dari perhitungan sebelumnya," kata Fraser.

Jurnal : Li Chun et al. The earliest herbivorous marine reptile and its remarkable jaw apparatus, Science Advances, 06 May 2016, DOI:10.1126/sciadv.1501659
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment