Saturday, May 7, 2016

ALMA Menimbang Massa Lubang Hitam NGC 1332 Paling Akurat

Penelitian ~ Teleskop ALMA menimbang berat lubang hitam raksasa paling presisi. Pengukuran teleskop paling kuat mengkalibrasi lubang hitam NGC 1332 bermassa 660 juta kali Matahari.

Anda tahu lubang hitam besar bukan berarti kemudian pergi ke sana dan mengukur fisik secara langsung. Tapi banyak cara rumit di atas meja untuk menimbang massa benda di alam semesta dan lubang hitam tidak terkecuali.

Observatorium terbesar dan paling kuat melakukan zoom wilayah tengah galaksi elips NGC 1332 yang duduk 75 juta tahun cahaya dari Bumi memberi tampilan presisi paling tinggi gas berputar-putar di sekitar pusat lubang hitam supermasif.

Lubang hitam seperti namanya benar-benar hitam, tapi Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) di Chile mencapai prestasi tertinggi dengan mengukur badai marah gas galaksi yang terjebak dalam sumur gravitasi lubang hitam.

"Untuk menghitung massa lubang hitam di pusat galaksi, kita perlu mengukur kecepatan sesuatu yang mengorbit di sekitarnya," kata Aaron Barth, astronom University of California di Irvine.

"Untuk pengukuran yang tepat, kita perlu memperbesar ke target pusat galaksi di mana tarikan gravitasi lubang hitam adalah kekuatan dominan. ALMA adalah alat baru yang fantastis untuk melaksanakan tugas ini," kata Barth.

Karena tidak ada cahaya yang mampu lolos dari cengkeraman gravitasi lubang hitam, para ilmuwan harus mencari keberadaannya hal-hal lain tidak langsung seperti emisi gas panas yang terperangkap disk akresi atau melihat bagaimana lubang hitam menyapu ruang-waktu.

Dalam kasus ini gas molekul dingin bisa dilihat di sekitar lubang hitam NGC 1332. ALMA mengunci jarak dan kecepatan awan gas 492 kilometer per detik kemudian kalibrasi dibuat untuk melakukan perkiraan secara tepat massa lubang hitam.

NGC 1332 atau dikenal sebagai ESO 548-18 dan LEDA 12.838 merupakan galaksi elips hampir segaris ke arah selatan konstelasi Eridanus. Galaksi adalah anggota kelompok NGC 1315-1332 dan menanggung lubang hitam supermasif di pusatnya.

Referensi : Aaron J. Barth et al. Measurement of the Black Hole Mass in NGC 1332 from ALMA Observations at 0.044 Arcsecond Resolution, arXiv, Submitted on 4 May 2016, arXiv:1605.01346
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment