Tuesday, April 26, 2016

Vokalisasi Kompleks Burung Menura novaehollandiae Perempuan

Penelitian ~ Burung bersarang Superb Lyrebird (Menura novaehollandiae) perempuan luar biasa memproduksi vokal kompleks berbagai notasi dan imitasi akurat spesies lain.

Sementara sejak awal vokalisasi burung pekicau konsisten sebagai fungsi pertahanan sarang berupa alarm panggilan dan fungsi pertahanan wilayah berupa peluit, vokalisasi mimesis memainkan peran baik penysuaian konteks dan memiliki lebih dari satu fungsi.

Para ilmuwan melaporkan temuan yang kontras teori bahwa vokalisasi Lyrebird hanya dilakukan untuk kepentingan sekunder yaitu laki-laki untuk memikat dan jarang dilakukan perempuan. Sebaliknya, temuan baru menyoroti kompleksitas tersembunyi vokalisasi kaum perempuan.

“Kami mendukung teori bahwa lagu kompleks lebih sering dikaitkan kompetisi intra-seksual untuk sumber daya ekologi dibanding daya tarik pasangan, tetapi bertentangan saran asosiasi peran konvergen seks,“ kata Anastasia Dalziell, ornitolog Western Sydney University, Richmond, dan rekan.



Bukti pertama dendang perempuan tergantung pada konteks spesies passerines oscine bahwa korelasi ekologi dan sejarah kehidupan pekicau perempuan terutama menyimpang dalam simpul leluhur dan aspek evolusioner lebih mendalam dari pemikiran.

Memang fitur rumit vokal perempuan dapat berkembang bahkan dalam spesies dengan seleksi kuat laki-laki yang menunjukkan display akustik tidak harus mencerminkan tingkat dimorfisme seksual yang ditampilkan pada bulu karena struktur vokalisasi perempuan bervariasi sesuai konteks.

Jurnal : Anastasia H. Dalziell et al. Elaborate Mimetic Vocal Displays by Female Superb Lyrebirds, Frontiers in Ecology and Evolution, 20 April 2016, DOI:10.3389/fevo.2016.00034
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment