Saturday, April 23, 2016

Otak Kiri Tetap Terjaga Ketika Anda Tidur Pertama Tidak Di Rumah

Penelitian ~ Otak kiri jadi penjaga malam saat tidur jauh dari rumah. Peningkatan kepekaan terhadap suara berfungsi sebagai ukuran keamanan ketika Anda jauh dari kampung halaman.

Anda harus banyak berjuang ketika tidur di tempat tidur asing bukan hal yang aneh sama seperti burung dan lumba-lumba harus tetap waspada mengintip predator dengan tidur setengah otak dan setengah lainnya tetap waspada mengawasi lingkungan baru.

Bantal empuk, selimut hangat dan seprai nyaman bahkan kenyamanan hotel mewah, tidur malam pertama bisa datang mengerikan dibanding malam di tempat tidur lusuh rumah sendiri bahwa tinggal di tempat yang baru menghabiskan otak untuk modus pengawasan.

Sementara burung tidur dengan satu mata terbuka untuk memastikan tidak disergap predator waktu malam, lumba-lumba menggunakan trik yang sama dan tidur bergantian mengunakan bagian otak kiri dan kanan sehingga dapat beristirahat sambil konstan menjaga hiu.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan fenomena begitu akrab dan peneliti menjuluki sebagai unihemispheric sleep bahwa efek malam pertama untuk beberapa alasan sering memiliki masalah dan bangun merasa pusing serta lelah karena otak tetap terjaga.

"Jika Anda tidak tahu apakah ruang aman untuk tidur, maka otak mengisi sistem jam untuk mendeteksi sesuatu yang tidak terduga. Ini perlindungan," kata Masako Tamaki, neurosaintis Brown University di Providence.

Tamaki dan tim menggunakan suite teknik pencitraan otak canggih magnetoencephalography (MEG), MRI struktural dan polisomnografi sebagai kombinasi pengukuran lainnya untuk memantau secara rinci bagaimana 35 orang tidur di laboratorium.

Scan mengungkap bagian otak kanan tertidur seperti biasa, tetapi belahan kiri tetap aktif menanggapi suara rendah setiap detik. Ketika para peneliti menambahkan nada tinggi, sisi otak kanan tersentak melakukan tindakan dan orang-orang lebih cenderung bangun.

Jurnal : Masako Tamaki et al. Night Watch in One Brain Hemisphere during Sleep Associated with the First-Night Effect in Humans, Current Biology, April 21, 2016, DOI:10.1016/j.cub.2016.02.063
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment