Friday, April 22, 2016

Bayi Rapetosaurus krausei Proporsi Tubuh Versi Miniatur Orangtua

Penelitian ~ Bayi titanosaur adalah orang tua versi mini. Tukik Rapetosaurus krausei seperti orang dewasa yang memberi keuntungan Titanosauridae menetas langsung berlari.

Tidak seperti beberapa jenis dinosaurus yang bergantung pada orang tua setelah menetas, keturunan vertebrata darat terbesar yang pernah berjalan di muka Bumi segera mandiri begitu setelah lahir.

Titanosaurs seperti Argentinosaurus, Apatosaurus dan Brontosaurus tumbuh dengan ukuran sangat besar, berkaki empat batang pohon, herbivora, panjang 15 meter dan berat 90 ton atau 25 kali gajah, tapi Rapetosaurus spesial dengan menetas proporsi orang dewasa.

Tidak seperti beberapa jenis dinosaurus yang bergantung pada orang tua setelah lahir, keturunan vertebrata darat terbesar yang pernah berjalan di muka Bumi menegaskan teori presosial vertebrata yang berarti mampu bergerak mandiri segera setelah lahir.

R. krausei tumbuh sangat cepat segera setelah menetas bahwa makhluk berdiri dan mulai hidup mandiri tanpa pengawasan orangtua kontras dengan sejumlah dinosaurus lainnya termasuk theropoda dan ornithischian dimana pengasuhan orangtua adalah penting.

Mungil dan lucu adalah hak semua bayi, tapi hipotesis lama hingga paleontolog menemukan tulang di laci penuh fosil buaya dengan satu kerangka miniatur menunjuk betapa kompleks dan bervariasi makhluk-makhluk kuno, sementara juga melukis gambaran luar biasa kehidupan awal raksasa.

Para ilmuwan melaporkan kesimpulan analisis sejumlah tulang tungkai, panggul, jari, jari kaki bayi sauropoda baru saja menetas yang terawetkan dengan baik ketika terbaring 67 juta tahun di Madagaskar memiliki proporsi anggota badan sebanding dengan spesimen dewasa.

"Ketika menemukan tulang sauropoda, mereka biasanya besar. Bahkan remaja lebih besar dari sapi. Ini kesempatan pertama kami mengeksplorasi kehidupan sauropod baru saja menetas," kata Kristina Curry Rogers, biogeolog Macalester College di Minnesota.


"Ini berarti mereka tidak membutuhkan pengasuhan orangtua setelah menetas atau kelahiran. Mereka lebih mandiri dan mampu mencari makan lebih cepat setelah tiba di tempat kejadian," kata Rogers.

"Seperti rusa kutub yang berdiri hanya 6 menit setelah lahir, berjalan 30 menit kemudian dan berlari lebih cepat dari hyena hanya 1 hari setelah lahir," kata Rogers.

Rapetosaurus adalah jenis sauropod dikenal sebagai titanosaurus yang berarti titanik kadal. Pemakan tumbuhan dengan kepala kecil tapi leher bisa tumbuh panjang ugal-ugalan memiliki keuntungan evolusioner bahwa para muda cepat keluar dari sarang dan mudah mengelak predator yang lebih besar.

"Kami mengukur rinci bayi dan membandingan proporsi lingkar poros dan panjang tulang ke sejumlah lainnya. Meskipun perubahan besar-besaran dalam ukuran tubuh, proporsi tetap sama," kata Rogers.

R. krausei bayi tertimbang antara 2,5 hingga 4,3 kilogram ketika lahir dan ketika meninggal antara 39 hingga 77 hari kemudian beratnya 40 kilogram dan tinggi 35 sentimeter atau 11 persen dari ukuran terbesar para Rapetosaurus yang akrab diketahui.

Jurnal : Kristina Curry Rogers et al. Precocity in a tiny titanosaur from the Cretaceous of Madagascar, Science, 22 Apr 2016, DOI:10.1126/science.aaf1509
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment