Thursday, April 21, 2016

Galaksi Crater 2 Ditemukan Tetangga Baru Mengorbit Bima Sakti

Penelitian ~ Sebuah galaksi satelit yang tidak pernah terlihat tiba-tiba mengorbit Bima Sakti. Galaksi kerdil Crater 2 mengintai dalam rentang tepat di sisi galaksi kita sendiri.

Sebuah galaksi duduk 380.000 tahun cahaya di konstelasi Crater satelit terbesar keempat Bima Sakti hanya dilampaui Sagitarius Kerdil, Awan Besar dan Kecil Magellanic seperti gajah di pelupuk mata tak tampak bahwa rumpun alien dekat terlewatkan benar-benar tidak diduga.

Regim galaksi muncul mengorbit Bima Sakti dari suatu tempat. Scan langit baru saja mendapat kejutan besar perintah sebuah galaksi entah dari mana mengorbit kita sendiri di mana tidak ada orang yang pernah melihat sebelumnya bahwa banyak ruang yang tidak diketahui.

Meskipun tiba-tiba, temuan Crater 2 adalah prestasi seperti rusa melompat dari semak-semak waspada menatap para siluman dalam waktu lama karena kenyataannya telah ada selama ini dan selalu terlewatkan dengan sekian kali kelengahan memalukan para astronom.

Tidak ada yang salah dalam ukuran atas ketidakjelasan karena Crater 2 begitu besar sebagai galaksi terbesar keempat yang mengorbit Bima Sakti. Tidak bisa pula menyalahkan jarak karena orbit di sekitar Bima Sakti menempatkan tepat di depan pintu perjalanan transgalatik.

Foto: Vasily Belokurov

Para ilmuwan pekan ini melaporkan galaksi satelit samar karena cukup gelap meskipun besar dan dekat. Bahkan salah satu galaksi paling redup yang pernah terlihat di alam semesta dekat beberapa tetangga terang yang selama ini lolos dari deteksi perangkat apapun.

"Ini satelit terbesar keempat Bima Sakti," kata Gabriel Torrealba, astronom University of Cambridge.

Crater 2 tidak jelas bagi mata manusia, meskipun bintang individu yang mengisi galaksi terlihat. Para peneliti menemukan pada bulan Januari menggunakan algoritma komputer untuk mencari kepadatan bintang dari data yang diambil teleskop di Chile.

Definisi galaksi tidak menjelaskan tepi sehingga para ilmuwan kadang-kadang mengungkap ukuran dalam diamater cahaya yang membungkus bagian paling terang menuju setengah terang. Crater 2 kerdil memiliki diameter setengah 7000 tahun cahaya atau 2 kali bulan purnama.

Galaksi menghindari deteksi begitu lama karena bintang tersebar satu sama lain yang tampak seperti hantu, tapi mungkin tidak sendirian karena dekat 4 objek lainnya. Cluster globular serta 3 galaksi kerdil di Leo dapat menjadi bagian kelompok yang sekarang jatuh ke dalam Bima Sakti.

Referensi : G. Torrealba et al. The feeble giant. Discovery of a large and diffuse Milky Way dwarf galaxy in the constellation of Crater, arXiv, last revised 24 Mar 2016, arXiv:1601.07178
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment