Monday, April 4, 2016

Raksasa Sauropoda Quadrupedal Berangkat dari Bipedal Kecil

Penelitian ~ Model komputasi 3 dimensi merekonstruksi filogenetik untuk mengukur evolusi seluruh properti bentuk dan segmen tubuh di keluarga besar sauropoda.

Ketika regim besar-besaran mengila, dinosaurus sauropoda adalah kelompok dominan herbivora ekosistem global yang membentang kalender Mesozoic hingga Cretaceous dengan ikon Diplodocus, Brontosaurus, Brachiosaurus, Apatosaurus dan Giraffatitan.

Fauna kolosal dan rencana tubuh yang tak tertandingi dari semua vertebrata darat menghentak Bumi dengan leher crane menjulang sangat panjang, ekor panjang, 4 kaki batang pohon tapi kepala kecil terkait proposional ukuran tubuh berawal dari kecil bipedal.


Para ilmuwan pekan lalu melaporkan model komputer 3 dimensi yang merekonstruksi tubuh dinosaurus sauropoda untuk menonton bagaimana evolusi ukuran, bentuk dan distribusi berat dari waktu ke waktu fauna 35 meter dan berat hingga 100 metrik ton.

"Kami menggabungkan model komputasi 3 dimensi dengan rekonstruksi filogenetik untuk mengukur evolusi seluruh properti bentuk dan segmen tubuh seluruh sauropod," kata Karl Bates, biolog University of Liverpool, dan rekan.

Perubahan bentuk tubuh bertepatan dengan peristiwa besar dalam sejarah evolusioner sauropoda sampai munculnya titanosaurus bahwa sauropoda berkembang dari kecil dan bipdal dengan ekor panjang, dada dan lengan depan kecil.



Paleontolog memperkirakan bentuk tubuh mengkonsentrasi berat badan di atas sendi panggul yang membantu keseimbangan 2 kaki belakang. Seiring waktu secara bertahap mengubah ukuran dan bentuk dari template leluhur menjadi semakin besar dan berat.

Dada menysuaikan proporsi lengan depan dan leher secara dramatis lebih besar. Distribusi berat tumbuh dalam ukuran bergeser menjadi ekor lebih berat dan hewan berkaki 2 berubah berkaki 4 sepenuhnya sebagai sauropoda Jurassic yaitu Diplodocus dan Apatosaurus.

Tapi tren periode Cretaceous banyak kelompok sauropoda tidak menyusut. Tipe baru dan sangat besar muncul titanosaurus dengan Argentinosaurus dan Puertasaurus, Saltasaurus dan Isisaurus serta Dreadnoughtus di antara hewan terbesar yang pernah hidup.

Jurnal : Karl T. Bates et al. Temporal and phylogenetic evolution of the sauropod dinosaur body plan, Royal Society Open Science, 30 March 2016, DOI:10.1098/rsos.150636
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment