Langsung ke konten utama

Dinosaurus Terseok 48 Juta Tahun Sebelum Final Asteroid Chicxulub

Penelitian ~ Dinosaurus terseok-seok bertahan hidup puluhan juta tahun sebelum peristiwa kepunahan. Panggung raksasa sudah menurun jauh sebelum dihabisi asteroid Chicxulub.

Perdebatan panjang penuh dendam berjalan di antara para ilmuwan tentang kesejahteraan dinosaurus yang berujung tragis tahun-tahun terakhir di muka Bumi mendapat salvo baru yang mendukung teori bahwa regim raksasa kehilangan kekuasaan puluhan juta tahun sebelum serangan asteroid.

Parselisihan panas yang mewarnai karir para paleontolog atas subjek kontroversial dengan satu pihak mengatakan bahwa dinosaurus tumbang tiba-tiba oleh azab astronomi, sementara pihak yang lain mengatakan mereka sudah menurun pelan-pelan jauh sebelumnya.

Triassic akhir sekitar 220 juta tahun lalu dengan spesies baru muncul lebih cepat dan yang lain punah. Tapi kekayaan mulai berubah jauh sebelum asteroid selebar 10 kilometer memukul Teluk Meksiko 66 juta tahun lalu di antaranya pekan lalu entomolog berteori parasit patogen ikut berperan dalam kepunahan.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan dengan yakin berdasarkan penyisiran catatan fosil dari seluruh dunia dan analisis statistik menunjuk bahwa berbagai spesies dinosaurus punah untuk jangka waktu setidaknya 40 juta tahun sebelum puing-puing kosmik menabrak Bumi

"Tidak ada keraguan Chicxulub adalah paku terakhir peti mati dinosaurus dengan pengecualian burung. Tapi jelas bahwa mereka sudah melewati jurang kepunahan," kata Manabu Sakamoto, paleontolog University of Reading.

Sauropoda vegetarian berleher panjang makhluk darat terbesar turun paling cepat, tapi theropoda yang mencakup karnivora ikonik Tyrannosaurus rex menghilang lebih bertahap bahwa faktor-faktor yang menekan perjuangan hidup adalah aktivitas gunung berapi berkelanjutan.

Pukulan final datang sebuah asteroid dengan dampak beruntun ketika memicu badai debu besar ke atmosfer yang memblokir sinar Matahari dan mendorong periode pendinginan global serta kematian luas tanaman sebagai sumber penting makanan.

"Selama puluhan juta tahun sebelum kepunahan final, dinosaurus sudah mulai kehilangan dominansi di Bumi. Sengketa tidak terselesaikan karena orang-orang kurang teliti statistik dan kerangka evolusi yang tepat," kata Sakamoto.

Tiga kelompok utama dinosaurus yaitu ornithischian meliputi herbivora paruh bebek seperti tegosaurus, theropoda meliputi karnivora T. rex dan sauropoda herbivora berleher panjang termasuk Diplodocus menepi secara bertahap mnurut tren masing-masing.

Jurnal : Manabu Sakamoto et al. Dinosaurs in decline tens of millions of years before their final extinction, Proceedings of the National Academy of Sciences, April 18, 2016, DOI:10.1073/pnas.1521478113

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…