Saturday, April 2, 2016

Regenerasi Tungkai Kadal Air Muda Berbeda Dengan Dewasa

Penelitian ~ Kadal air muda meregenerasi tungkai berbeda dengan dewasa. Peralihan mekanisme selular untuk regenerasi anggota tubuh adalah sel induk berbasis progenitor.

Tidak seperti mamalia, kadal air Salamandridae meregenerasi luar biasa anggota tubuh berulang kali pada umur berapa pun, tetapi menggunakan mekanisme berbeda dngan larva muda sebelum metamorfosis membuka petunjuk terapi perbaikan jaringan luka.

Ketika kaki atau ekor amfibi diamputasi, salamander menghasilkan massa sel disebut protoplasma di ujung dan tungkai berfungsi penuh pada akhirnya diregenerasi tanpa memandang usia. Tidak semua amfibi bisa melakukan ini.



Tidak jelas persis bagaimana kadal air berhasil melakukan hal ini sepanjang hidup mereka. Laporan sebelumnya menunjuk skeletal muscle fiber cells (SMFCs) atau muscle stem/progenitor cells (MPCs) berkontribusi pembentukan otot baru.

SMFCs membuat otot skeletal salah satu dari 3 jenis utama otot dalam tubuh bersama-sama dengan otot halus dan jantung. MPCs seperti sel-sel satelit adalah pendahulu yang dapat berdiferensiasi menjadi jenis SMFCs.

Jurnal : Hibiki Vincent Tanaka et al. A developmentally regulated switch from stem cells to dedifferentiation for limb muscle regeneration in newts, Nature Communications, 30 March 2016, DOI:10.1038/ncomms11069
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment