Monday, April 11, 2016

Planet Sembilan Mungkin Exoplanet Dicuri Matahari Saat Papasan

Penelitian ~ Planet Sembilan mungkin exoplanet dicuri oleh Matahari. Planet X hipotetik di pinggiran tata surya mungkin ditangkap gravitasi Matahari ketika berpapasan bintang lain.

Tata surya mungkin dermaga penyelundup alien. Planet Sembilan yang diusulkan bersembunyi di tepi tata surya hasil pencurian dari sebuah bintang yang lewat. Satu teori cukup liar pencurian sebuah planet asing dan membawa petaka periodik.

Pada bulan Januari lalu duo ilmuwan mengumumkan bukti planet bermassa 10 kali Bumi bersembunyi di pinggiran tata surya. Astronom lainnya segera maju ke panggung bahwa Planet Sembilan mungkin migrasi dari tata surya bagian dalam ke arah tepi luarnya.

Tapi minggu lalu satu tim menunjuk sebaliknya. Planet direbut dari bintang terdekat bahwa Matahari lahir di cluster dengan 1000 hingga 10.000 bintang dan di dalam rumpun padat Matahari memiliki beberapa pertemuan dekat dengan bintang lainnya dan menyerempet planet dari waktu ke waktu.

Alexandar Mustill, astronom Lund Observatory di Swedia, rekan berlari menggunakan simulasi pertemuan antara tata surya dan setiap sistem planet yang lewat didekatnya. Jika sebuah sistem yang memiliki exoplanet dengan orbit lebar, kemungkinan ditangkap Matahari sebesar 50 persen.

Referensi :

Alexander J. Mustill et al. Is there an exoplanet in the Solar System?, arXiv, Submitted on 23 Mar 2016, arXiv:1603.07247

Scott J. Kenyon and Benjamin C. Bromley. Making Planet Nine: Pebble Accretion at 250--750 AU in a Gravitationally Unstable Ring, arXiv, Submitted on 25 Mar 2016, arXiv:1603.08008
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment