Friday, April 8, 2016

Tinta Logam dalam Gulungan Papirus Herculaneum Romawi

Penelitian ~ Gulungan herculaneum terkubur vesuvius menghasilkan rahasia lain yaitu tinta logam. Tes pada papirus kuno ungkap penggunaa tinta logam lebih awal dari teori.

Mikroskop X-ray paling canggih di dunia membaca lebih tajam salah satu peninggalan ikonik dunia yaitu perpustakaan gulungan hangus yang selamat dari letusan Gunung Vesuvius 2000 tahun lalu bahwa karbonisasi beberapa huruf tiba-tiba menunjuk para ahli Taurat tahu rahasia tinta metalik.

Sementara para ilmuwan bergantung pada bukti dari sejarawan Romawi Pliny the Elder yang tewas dalam letusan ketika kota Pompeii dan Herculaneum hancur, dunia Graeco-Romawi sudah menggunakan tinta dari asap yang dikumpulkan dari tungku kayu.

Tinta logam digunakan untuk menulis pesan rahasia pada perkamen hanya setelah 420 AD, tapi para ilmuwan di European Radiation Synchrotron Facility menggunakan instrumen yang memberikan X-ray 100 miliar kali lebih terang dari perangkat apa pun yang biasa digunakan rumah sakit modern.

"Selama hampir 2000 tahun, kita berpikir tahu segalanya atau hampir semua tentang komposisi tinta antik yang digunakan untuk menulis di papirus," kata Daniel Delattre, sejarahwan Institute for Research into the History of Texts di Perancis.


Papirus pertama kali ditemukan pada abad ke-18 yaitu gulungan-gulugan berisi koleksi 600 hingga 700 item sangat rapuh yang semuanya adalah sisa-sisa kastil yang terbakar akibat bencana alam Vesuvius paling dahsyat menimpa dunia Romawi.

Akselerator sinkrotron mengidentifikasi huruf individu alfabet Yunani bahkan seluruh kata-kata dalam teks bahwa tinta di mana gulungan ditulis berisi terlalu tinggi logam jika hanya sekedar kontaminasi celah pipa timah atau wadah tembaga atau perunggu.

"Studi ini sangat khusus dilakukan di sinkrotron Eropa yang menunjukkan bahwa kita harus waspada terhadap ide-ide dan bahwa tinta juga terkandung logam, terutama dalam jumlah yang cukup besar," kata Delattre

Jurnal : Emmanuel Brun et al. Revealing metallic ink in Herculaneum papyri, Proceedings of the National Academy of Sciences, March 21, 2016, DOI:10.1073/pnas.1519958113
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment