Langsung ke konten utama

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.

Virus Zika sekarang memiliki wajah resmi ketika gambar mikroskop baru mengungkapkan struktur bergelombang seperti bentuk bola golf mirip dengan virus demam berdarah dengue dan West Nile.

Struktur Zika terpecahkan seperti mendapatkan blueprint di basis depan musuh bahwa para ilmuwan memiliki strategi yang lebih baik untuk menyerang balik ketika virus menyerang sel-sel saraf induk yang sedang menjalani perkembangan janin dalam kandungan.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan setelah pertama kalinya melihat lebih baik Zika yaitu virus yang tahun ini menyapu lanskep Benua Amerika dan memicu kekhawatiran bahwa menyebabkan cacat lahir mikrosefali dan Sindrom Guillain-Barré.


"Harapan semakin membesar bahwa kita dapat menemukan vaksin atau senyawa antiviral," kata Michael Rossmann, biolog Purdue University di West Lafayette.

Sementara struktur virus flu musiman pertama kali dipetakan tahun 1985, para peneliti telah berlomba memecahkan struktur Zika. Semua orang mencoba bekerja cepat pada hal yang sama, tapi tim Purdue University mengalahkan semua kompetisi.

Rossmann dan tim mencitrakan strain Zika yang dikumpulkan dari pasien selama wabah Polinesia Perancis tahun 2013-2014 yaitu strain yang hampir identik dengan virus dari Asia Tenggara yang sekarang menyebar di Amerika Latin.

Teknik mikroskop cryoelectron membuat gambar 3 dimensi cukup tajam dengan jelas melihat bentuk virus bahkan bisa menonjolkan gula dari permukaannya seperti gagang pintu merah kecil yang menggantung protein pada shell virus.


Tombol-tombol digunakan Zika melampirkan diri dan menginfeksi sel manusia. Daerah menonjol Zika terlihat hanya sedikit berbeda dari keluarga virus lain yang terkait. Gula dihiasi protein dan memungkinkan Zika membuat kontak pada sel-sel yang disebut reseptor.

Perbedaan ini bisa menjelaskan mengapa Zika menginfeksi sel dengan cara berbeda dari dengue atau West Nile. Salah satu target reseptor adalah AXL yaitu protein di permukaan sel induk saraf ketika menginfeksi sel-sel otak di awal perkembangan selama janin.

Referensi :

Devika Sirohi et al. The 3.8 Å resolution cryo-EM structure of Zika virus, Science, 31 Mar 2016, DOI:10.1126/science.aaf5316

Tomasz J. Nowakowski et al. Expression Analysis Highlights AXL as a Candidate Zika Virus Entry Receptor in Neural Stem Cells, Cell Stem Cell, 30 March 2016, DOI:10.1016/j.stem.2016.03.012

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…