Friday, April 1, 2016

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.

Virus Zika sekarang memiliki wajah resmi ketika gambar mikroskop baru mengungkapkan struktur bergelombang seperti bentuk bola golf mirip dengan virus demam berdarah dengue dan West Nile.

Struktur Zika terpecahkan seperti mendapatkan blueprint di basis depan musuh bahwa para ilmuwan memiliki strategi yang lebih baik untuk menyerang balik ketika virus menyerang sel-sel saraf induk yang sedang menjalani perkembangan janin dalam kandungan.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan setelah pertama kalinya melihat lebih baik Zika yaitu virus yang tahun ini menyapu lanskep Benua Amerika dan memicu kekhawatiran bahwa menyebabkan cacat lahir mikrosefali dan Sindrom Guillain-Barré.


"Harapan semakin membesar bahwa kita dapat menemukan vaksin atau senyawa antiviral," kata Michael Rossmann, biolog Purdue University di West Lafayette.

Sementara struktur virus flu musiman pertama kali dipetakan tahun 1985, para peneliti telah berlomba memecahkan struktur Zika. Semua orang mencoba bekerja cepat pada hal yang sama, tapi tim Purdue University mengalahkan semua kompetisi.

Rossmann dan tim mencitrakan strain Zika yang dikumpulkan dari pasien selama wabah Polinesia Perancis tahun 2013-2014 yaitu strain yang hampir identik dengan virus dari Asia Tenggara yang sekarang menyebar di Amerika Latin.

Teknik mikroskop cryoelectron membuat gambar 3 dimensi cukup tajam dengan jelas melihat bentuk virus bahkan bisa menonjolkan gula dari permukaannya seperti gagang pintu merah kecil yang menggantung protein pada shell virus.


Tombol-tombol digunakan Zika melampirkan diri dan menginfeksi sel manusia. Daerah menonjol Zika terlihat hanya sedikit berbeda dari keluarga virus lain yang terkait. Gula dihiasi protein dan memungkinkan Zika membuat kontak pada sel-sel yang disebut reseptor.

Perbedaan ini bisa menjelaskan mengapa Zika menginfeksi sel dengan cara berbeda dari dengue atau West Nile. Salah satu target reseptor adalah AXL yaitu protein di permukaan sel induk saraf ketika menginfeksi sel-sel otak di awal perkembangan selama janin.

Referensi :

Devika Sirohi et al. The 3.8 Å resolution cryo-EM structure of Zika virus, Science, 31 Mar 2016, DOI:10.1126/science.aaf5316

Tomasz J. Nowakowski et al. Expression Analysis Highlights AXL as a Candidate Zika Virus Entry Receptor in Neural Stem Cells, Cell Stem Cell, 30 March 2016, DOI:10.1016/j.stem.2016.03.012
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment