Thursday, March 31, 2016

Udang Gua Tanpa Mata Stygobromus allegheniensis Hidup Beku

Penelitian ~ Udang gua tanpa mata dapat hidup beku dalam es. Stygobromus allegheniensis yang hidup di gua-gua sepanjang timur laut Amerika Serikat mengeliat dalam beku.

Jauh di dalam gua-gua es Shawangunk Ridge di negara bagian New York bermukim crustacea kecil dengan kemampuan unik. Meskipun tanpa mata dapat mendeteksi panjang gelombang cahaya tampak dan masalah suhu membeku musim dingin.

Udang panjang 2 sentimeter selamat dari tekanan musim dingin yang mendorong ke titik beku meskipun penghuni gua biasanya tidak beradaptasi dengan titik beku karena gua batu kapur mempertahankan suhu tuang cukup stabil sepanjang tahun.

Tapi gua-gua berbeda. Salju dan udara dingin memasuki gua melalui lubang di bagian atas dan kemudian terjebak di dalam menciptakan lingkungan dingindi mana beberapa dinding dan lantai menjadi tertutup es padat.


Hewan umumnya bertahan di bawah titik beku dengan mengisi tubuh zat gliserol yaitu berbagai gula atau asam amino dan mencegah terbentuknya kristal es yang menghancurkan sel-sel. S. allegheniensis mungkin menggunakan materi kimia fisiologis yang mirip.

Jurnal : Luis Espinasa et al. A troglobitic amphipod in the Ice Caves of the Shawangunk Ridge: Behavior and resistance to freezing, Subterranean Biology, DOI:10.3897/subtbiol.15.4733


Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment