Skip to main content

Orbit Ketapel Exoplanet HD 20782b Eksentrik Sangat Elips

Penelitian ~ Planet ekstraurya dengan orbit sangat elips bahwa lintasan HD 20782b menyerupai komet sebagai dunia paling eksentrik dari apapun yang pernah dikenal.

Exoplanet raksasa HD 20782b yang duduk 117 tahun cahaya di konstelasi Fornax memiliki massa minimum 2 kali Jupiter dan mengorbit bintang HD 20782 sebagai bagian dari sistem lebar bintang biner HD 20781 berjalan dengan lintasan ugal-ugalan.

Periode orbit 597 hari dan eksentrisitas 0,96 yang berarti planet bergerak dalam sirkuit sangat elips hampir datar, perjalanan jauh memanjang menuju HD 20782 dan kemudian membuat katapel cepat sebelum marah ketika pendekatan yang terdekat.

Sementara planet-planet di tata surya adalah deretan bola mengambang yang memiliki orbit hampir lingkaran, beberapa planet alien tampil sangat eksentrik dalam hal ini tidak mengacu pada keadaan pikiran melainkan kejelasan bagaimana orbit elips sangat memanjang.


Para ilmuwan melaporkan hasil deteksi sinyal cahaya yang dipantulkan dari HD 20782b berupa sebuah flash cahaya dari bintang ketika dipantulkan atmosfer dunia alien seperti saat perjalanan pendekatan orbital terdekat terhadap bintang host.

"Pada titik terjauh orbit HD 20782b adalah 2,5 kali jarak Matahari-Bumi. Pada titik terdekat 0,06 kali Matahari-Bumi atau kurang dari Merkurius-Matahari," kata Stephen Kane, astronom San Francisco State University.

"Cahaya tercermin mengatakan kepada kami bagaimana atmosfer sebuah planet seperti HD 20782b merespon sebagian besar waktunya jauh dari bintang, tapi kemudian memiliki pendekatan sangat dekat di mana flash dipanaskan bintang," kata Kane.

Sementara persentase cahaya yang dipantulkan dari sebuah planet ditentukan sebagian oleh komposisi atmosfer, dunia yang diselimuti awan jenuh partikel es seperti Venus dan Jupiter begitu reflektif. Tetapi jika planet bergerak terlalu dekat bintang, panas menghapus materi es.

"Di beberapa ekstrasurya seukuran Jupiter dalam orbit lingkaran singkat, fenomena ini tidak muncul partikel reflektif sehingga planet muncul gelap. Tapi kasus HD 20782b, atmosfer planet tidak memiliki kesempatan merespon," kata Kane.

"Waktu yang dibutuhkan untuk berayun di sekitar bintang begitu cepat bahwa tidak ada waktu untuk menghapus semua material es yang membuat permukaan tetap begitu reflektif," kata Kane.

HD 20782b mungkin memiliki suasana seperti Jupiter bahwa awan sangat reflektif berisi banyak pertanyaan. Ketika melihat planet yang sama di orbit yang eksentrik, atronom benar-benar sulit mencoba dan menjelaskan bagaimana hal itu terjadi.

"Bisa jadi awalnya lebih dari 1 planet dan salah satu planet mengembangkan orbit stabil yang membawa 2 planet terlalu dekat bersama-sama. Sebuah tabrakan mungkin mengeluarkan salah satu planet dari sistem yang mendorong HD 20782b di jalan eksentrik," kata Kane.

Rujukan : Stephen R. Kane et al. Evidence for Reflected Light from the Most Eccentric Exoplanet Known, arXiv, last revised 12 Mar 2016, arXiv:1511.08679

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…