Monday, March 28, 2016

Virus Zika Terbang ke Brasil dari Suatu Tempat di Asia Tenggara

Penelitian ~ Wabah virus Zika di Amerika datang ketika salah satu penumpang turun dari pesawat. Strain di Amerika berbagi nenek moyang tunggal dan tiba selama Piala Konfederasi FIFA 2013.

Blueprint genom strain di Amerika terkait dengan strain Asia menunjuk bahwa Zika terbang ke Brasil dari Asia Tenggara antara Mei hingga Desember tahun 2013 untuk melancong ke seluruh negeri.

Wabah kolosal virus Zika di Amerika mungkin dibawa hanya 1 penumpang yang turun dari pesawat di mana tiba di Brasil lebih dari setahun sebelum pertama kali dilaporkan Maret 2015 yang menolak teori menyebar selama Piala Dunia 2014.

Lebih dari 30.000 kasus infeksi virus Zika dilaporkan di Brazil sedangkan gejala dalam banyak kasus ringan, tapi kekhawatiran memuncak tentang infeksi pada wanita hamil setelah temuan korelasi mikrosefali pada bayi dan sindrom Guillain-Barré orang dewasa.

Tim besar ilmuwan Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Brasil melaporkan jendela sempit di mana virus bisa datang ke benua Amerika bahwa genom sampel strain virus sangat identik dengan strain Asia Tenggara daripada Afrika dan hanya dibawa 1 orang.

"Anda bisa membangun pohon silsilah virus, tetapi Anda juga harus meletakkan secara real time skala bulan dan tahun," kata Oliver Pybus, zoolog University of Oxford.

Waktu paling mungkin memasuki Amerika Mei hingga Desember 2013 atau lebih dari 2 tahun lalu. Keberadaan tidak segera terdeteksi karena gejala biasanya ringan dan mirip virus lain yang dibawa nyamuk Aedes seperti demam berdarah dan chikungunya.

Jumlah penumpang tiba di Brazil dari negara-negara wabah Zika lainnya melonjak dari 3.775 per bulan di awal tahun 2013 menjadi 5.754 per bulan di tahun 2014. Sementara Olimpiade Rio de Janeiro 2016 bisa membawa strain baru Zika ke Brasil atau dari Brasil.

"Ada kebutuhan besar tes yang murah, cepat dan sensitif untuk benar-benar mendiagnosa infeksi virus yang berbeda," kata Pybus.

Berbekal perbandingan genom di tangan para ilmuwan menelusuri catatan perjalanan pesawat udara ke Brasil dari negara-negara di mana virus Zika dilaporkan tahun 2012 hingga 2014 meskipun banyak hal diperlukan sebelum menegaskan bahwa virus dibawa rute terebut.

"Kita tahu ada laporan infeksi Zika dari Thailand, Filipina dan Indonesia, tetapi tidak ada survey sistematis di negara itu. Ada kemungkinan wabah di Polinesia Perancis dan Amerika berasal dari suatu tempat di Asia Tenggara," kata Pybus.

"Entah seseorang pergi ke Brasil dan kemudian ke banyak tempat-tempat lain atau pergi ke Brasil beberapa kali dari tempat lain," kata Pybus.

Sementara laporan baru debunks gagasan bahwa virus tiba di Brasil selama Piala Dunia 2014, para ilmuwan untuk sementara menyatakan bisa juga tiba selama Piala Konfederasi FIFA tahun 2013. Tapi Pybus mendesak hati-hati atas gagasan terebut.

"Timeline paling cocok Piala Konfederasi, tetapi masih anekdot karena belum ada bukti-bukti," kata Pybus.

Jurnal : Nuno Rodrigues Faria et al. Zika virus in the Americas: Early epidemiological and genetic findings, Science, 24 Mar 2016, DOI:10.1126/science.aaf5036
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment