Wednesday, March 23, 2016

Variasi 18 gen Terkait Mekanisme Rambut, Alis dan Jenggot Manusia

Penelitian ~ Link genetik pertama untuk rambut uban, alis dan ketebalan jenggot. Dasar variasi genetik diungkap 18 gen baru terkait dengan ciri-ciri rambut manusia.

Meskipun Anda menghabiskan sebotol pewarna rambut agar mencolok dari pesaing dan lebih berwarna serta norak dari kerajaan hewan, manusia masih menampilkan jumlah luar biasa keanekaragaman ketika datang rambut di kepala.

Lebat dan hitam, berbulu halus dan pirang, keriting dan merah adalah rambut manusia dalam berbagai bentuk dan warna. Pemahaman variabilitas rambut tidak hanya menarik untuk terapi kulit, tapi juga perspektif studi evolusi dan kosmetik.

Rambut penanda status sosial di banyak budaya, kesehatan dan kesuburan serta regulasi suhu tubuh. Manusia sangat khas di antara sepupu primata lain dengan rambut kepala sangat lebat dan panjang. Jumlah rambut yang tumbuh di tubuh juga sangat bervariasi.

Meskipun literatur telah lama mangatakan perlambatan produksi melanin perlu disalahkan terkait pigmentasi warna rambut memutih atau beruban, tidak ada yang tahu kapan proses dimulai atau bagaimana mekanisme bervariasi di antara populasi.


Sekarang sebuah laporan menganalisis genom lebih dari 6000 orang dari Amerika Selatan mengidentifikasi 18 gen yang muncul mempengaruhi sifat rambut termasuk yang pertama kali untuk mengkorelasikan dengan rambut beruban.

Temuan pertama lainnya termasuk gen yang terkait dengan unibrows, ketebalan alis, alis menyatu dan ketebalan jenggot berjumbai. Berbagai latar belakang populasi termasuk Afrika, Eropa dan penduduk asli keturunan Amerika.

Jurnal : Kaustubh Adhikari et al. A genome-wide association scan in admixed Latin Americans identifies loci influencing facial and scalp hair features, Nature Communications, 01 March 2016, DOI:10.1038/ncomms10815
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment