Friday, March 18, 2016

Cacing Parasit Memberi Antioksidan Agar Udang Bertahan dari Arsenik

Penelitian ~ Parasit membantu udang air garam hidup di perairan beracun. Cacing parasit memberikan bantuan antioksidan kepada host agar bertahan hidup di air tercemar arenik.

Terinfeksi dengan parasit biasanya bukan berita baik karena beberapa makhluk dapat membuat Anda sakit dan beberapa akhirnya membunuh Anda. Ketika ditambah dengan polutan logam berat beracun maka petaka tambah berlipat.

Tapi tidak berlaku bagi udang air garam Artemia parthenogenetica di Spanyol bahwa infeksi cacing pipih Flamingolepis liguloides dan Confluaria podicipina juga dikenal sebagai cacing pita justru membuatnya mampu bertahan di air arsenik.

Ketika udang terinfeksi parasit, tubuh berubah merah yang membuat sangat menarik burung tidak hanya karena lebih mudah dilihat tetapi juga karena burung mencari pigmen karotenoid yang memberi bulu warna merah sebagai burung yang sehat.

Para ilmuwan pekan lalu melaporkan peran parasit yang menginfeksi udang air garam sebagai kunci ekositem sumber makanan banyak burung air termasuk flamingo dan kontribusi tingkat polutan pada jejaring makanan lebih luas.

"Udang terinfeksi lebih rentan terhadap predasi burung," kata Marta Sánchez, ekolog Spanish National Research Council di Seville.

"Burung tidak dapat mensintesis pigmen ini dan mereka adalah sumber daya yang langka di alam, mereka selektif mencari makanan," kata Sánchez.


Sánchez dan rekan mengumpulkan udang yang tercemar arsenik dan logam berat lainnya dari kegiatan pertambangan saat ini dan masa lalu. Di laboratorium peningkatan konsentrasi arsenik dalam air meningkatkan jumlah udang air garam mati.

Tetapi udang yang terinfeksi cestoda selamat. Kemudian penasaran dengan dampak perubahan iklim, Sánchez mengulangi eksperimen dengan air hangat. Sekali lagi parasit memberi beberapa tingkat perlindungan kepada udang.

Penjelasan tetap tidak jelas, tetapi kematian cepat udang bukan strategi yang baik bagi cestoda. Parasit butuh bereproduksi sehingga perlu menjaga host tetap hidup sepanjang mungkin sebelum meninggalkan dan menemukan host baru.

Cestoda memberi pertahanan antioksidan kepada udang dalam kepentingan parasit. Perempuan Tsimane di Amazon yang terinfeksi Cacing Gelang Raksasa (Ascaris lumbricoides) cenderung memiliki anak banyak sehingga kelangungan hidup parasit tetap terjamin.

"Warna merah yang terkait dengan infeksi cacing pita telah diamati di banyak situs berbagai negara. Kami berharap temuan ini mewakili analisis global," kata Sánchez.

Jurnal : Marta I. Sánchez et al. When Parasites Are Good for Health: Cestode Parasitism Increases Resistance to Arsenic in Brine Shrimps, PLoS Pathogens, March 3, 2016, DOI:10.1371/journal.ppat.1005459
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment