Wednesday, March 16, 2016

Lapisan Anti Es Pesawat Terbang, Kaca Mobil dan Perangkat Listrik

Penelitian ~ Semprotan pelapis mencegah es menempel pesawat terbang, kaca depan mobil, saluran listrik dan perangkat lainnya. Pendekatan fisika untuk melawan adhesi es.

Es menempel di kaca depan mobil adalah gangguan. Tapi di pesawat, turbin angin, rig minyak atau saluran listrik benar-benar berbahaya. Penghapusan dengan kimia agen pencair atau palu adalah pekerjaan sulit, mahal dan menjengkelkan.

Pekan ini para ilmuwan segera mengubah berkat lapisan tipis materi penolak es yang murah dan tahan lama. Permukaan yang dilapisi material karet tipis membuat es bergeser turun dengan hanya gaya gravitasi atau angin lembut.

Implikasi besar dalam industri energi dan transportasi di mana es adalah masalah konstan di iklim dingin. Lapisan baru juga sebagai upaya penghematan energi besar dalam freezer yang saat ini bergantung pada sistem pencarian boros listrik.



Lapisan memukul mundur es dengan konsumsi energi nol yang membuat rumah tangga dan industri freezer bisa menekan konsumsi energi hingga 20 persen dan sistem yang lebih efisien.

"Para peneliti telah berusaha bertahun-tahun melawan kekuatan adhesi es dengan kimia. Tapi kami menemukan cara baru menggunakan fisika," kata Kevin Golovin, materiolog University of Michigan di Ann Arbor.

Jurnal : Kevin Golovin et al. Designing durable icephobic surfaces, Science Advances, 11 Mar 2016, DOI:10.1126/sciadv.1501496
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment