Skip to main content

Lapisan Anti Es Pesawat Terbang, Kaca Mobil dan Perangkat Listrik

Penelitian ~ Semprotan pelapis mencegah es menempel pesawat terbang, kaca depan mobil, saluran listrik dan perangkat lainnya. Pendekatan fisika untuk melawan adhesi es.

Es menempel di kaca depan mobil adalah gangguan. Tapi di pesawat, turbin angin, rig minyak atau saluran listrik benar-benar berbahaya. Penghapusan dengan kimia agen pencair atau palu adalah pekerjaan sulit, mahal dan menjengkelkan.

Pekan ini para ilmuwan segera mengubah berkat lapisan tipis materi penolak es yang murah dan tahan lama. Permukaan yang dilapisi material karet tipis membuat es bergeser turun dengan hanya gaya gravitasi atau angin lembut.

Implikasi besar dalam industri energi dan transportasi di mana es adalah masalah konstan di iklim dingin. Lapisan baru juga sebagai upaya penghematan energi besar dalam freezer yang saat ini bergantung pada sistem pencarian boros listrik.



Lapisan memukul mundur es dengan konsumsi energi nol yang membuat rumah tangga dan industri freezer bisa menekan konsumsi energi hingga 20 persen dan sistem yang lebih efisien.

"Para peneliti telah berusaha bertahun-tahun melawan kekuatan adhesi es dengan kimia. Tapi kami menemukan cara baru menggunakan fisika," kata Kevin Golovin, materiolog University of Michigan di Ann Arbor.

Jurnal : Kevin Golovin et al. Designing durable icephobic surfaces, Science Advances, 11 Mar 2016, DOI:10.1126/sciadv.1501496

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…