Tuesday, March 15, 2016

Insiprasi Origami Snapologi, Rumah Berdiri dan Roboh Sendiri

Penelitian ~ Konstruksi yang bisa berubah bentuk memungkinkan rumah berdiri dan roboh sendiri. Jika ingin pindah Anda tinggal membungkus rumah menjadi ransel.

Sebuah sistem memungkinkan objek berubah bentuk menggunakan blok bangunan dasar berupa kubus terbuat dari lembaran polimer. Bentuk yang lebih kompleks dibangun dengan menghubungkan sel bersama-sama seperti Lego.

Sistem terinspirasi snapologi yaitu jenis origami di mana deformasi bentuk-bentuk kompleks saling menarik kertas yang dilipat bersama-sama memungkinkan struktur rekonfigurasi. Konstruki adalah kaku tapi fleksibel sekaligus.

Para ilmuwan menyarankan aplikasi fabrikasi teknologi baru untuk berbagai hal seperti merancang kursi kokoh yang bisa melipat sendiri menjadi lembaran datar ketika diangkut, bumper mobil, helm hingga perkemahan di Planet Mars.

"Sebuah komputer dapat secara otomatis mengubah struktur menggunakan aturan tertentu," kata Johannes Overvelde, insinyur Harvard University di Massachusetts.



Para peneliti juga berharap membuat struktur bisa berubah dalam menanggapi rangsangan lingkungan seperti perubahan suhu atau cahaya. Teknologi baru menjungkirbalikkan asumsi lama bahwa material adalah statis dan tidak bisa diubah.

Jurnal : Johannes T.B. Overvelde et al. A three-dimensional actuated origami-inspired transformable metamaterial with multiple degrees of freedom, Nature Communications, 11 March 2016, DOI:10.1038/ncomms10929
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment