Thursday, March 3, 2016

Rafflesia consuelos Spesies Baru Bunga Rafflesiaceae Terkecil

Penelitian ~ Genus bunga terbesar di dunia memiliki anggota keluarga baru terkecil. Rafflesia consuelos spesies baru terkecil di antara raksasa Bunga Rafflesia.

Spesies baru tanaman genus endofit Rafflesia yang unik sepenuhnya tergantung pada tumbuhan host untuk mendapatkan air dan nutrisi dan terkenal memproduksi bunga terbesar di dunia dijelaskan dari Pulau Luzon Filipina.

Total jadi 25 spesies, Rafflesiaceae sepenuhnya parasit pada akar dan batang tanaman yang ada di hutan dan tidak memiliki akar, batang atau daun sendiri. Ketika mekar, semua bunga Rafflesia memancarkan aroma amis mirip daging busuk.

Sementara Rafflesia arnoldii di Sumatera sebagai bunga terbesar di dunia sering berukuran hampir 1 meter, spesies baru yang ditemukan R. consueloae memiliki bunga dengan diameter hanya rata-rata 9,73 centimeter.


"Berbeda dari seluruh spesies lain genus Rafflesia. Lobus perigone tegak dan mencolok krim putih di permukaan disk yang sering tanpa proses," kata Edwino Fernando, botanis University of the Philippines di Los Baños.

R. consueloae endemik Pulau Luzon yang saat ini diketahui hanya dari 2 situs gunung dengan sisa-sisa hutan hujan tropis cemara dataran rendah dengan cakupan 100 kilometer persegi cukup untuk kriteria Critically Endangered IUCN.

Jurnal : John Michael M. Galindon et al. Rafflesia consueloae (Rafflesiaceae), the smallest among giants; a new species from Luzon Island, Philippines, PhytoKeys, 25 Feb 2016, DOI:10.3897/phytokeys.61.7295
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment