Tuesday, March 1, 2016

Evolusi Pengasuhan Telur Ibu Kadal Mabuya longicaudata

Penelitian ~ Ibu Kadal Matahari Berekor Panjang (Mabuya longicaudata) bertempur melawan Ular Pemakan Telur (Oligodon formosanus) untuk membela keturunan.

Kadal M. longicaudata di Pulau Orchid dan pulau-pulau kecil sekitar Taiwan menyerang Ular Pemakan Telur (O. formosanus) yang mencoba mencuri sarang sebelum telur menetas.

Sementara perbedaan antar populasi telah diamati untuk sementara waktu, spesies terisolasi mengevolusi perubahan perilaku harus dikendalikan pada tingkat genetik meskipun dalam populasi begitu samar.

Para ilmuwan melaporkan evolusi perilaku pengasuhan reptil yang biasanya tidak peduli dan meninggalkannya telur begitu saja. Reaksi jelas dan keras kepada predator bahwa perilaku pembelaan ibu memiliki akar genetik pada non-mamalia.



Pergeseran kecil kode genetik yang mendasari perubahan secara drastis mengubah perilaku dan kekhasan tertentu menjadi tetap dalam populasi ketika setiap individu harus menjaga keturunan bertahan dari jangkauan dekat predator.

Menariknya, ular bergerilya mencari sarang kadal di pedalaman ketika tidak tersedia sarang penyu di pantai yang musiman bahwa sistem ekologi berbasis kelautan mempengaruhi sistem berbasis daratan.

Jurnal : David A. Pike et al. Surf and turf: predation by egg-eating snakes has led to the evolution of parental care in a terrestrial lizard, Scientific Reports, DOI:10.1038/srep22207
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment