Friday, February 26, 2016

Dating Gaun Tarkhan Mesir Kuno 5.000 Tahun Pakaian Tertua

Penelitian ~ Gaun indah Mesir adalah karya tata busana tertua yang pernah ditemukan. Dating radiokarbon menunjuk produk tailor Tarkhan berumur lebih dari 5.000 tahun.

Tenunan tertua yang pernah ditemukan indah dijahit dan rapi sinyal kompleksitas dan kekayaan masyarakat kuno. Tekstil jarang dan langka, beberapa potong pakaian awal terbuat dari serat tanaman atau kulit binatang sering dalam disintegrasi.

Para ilmuwan melaporkan vintage mode garmen Mesir bagian tertua teknik cutting dan menysuaikan pemakai bahwa radiokarbon menempatkan gaun Tarkhan yang diangkat dari pemakaman Mesir kuno pada tahun 5.100 hingga 5.400 tahun lalu.

Gaun linen berleher V dengan lengan panjang sempit mungkin dipesan seorang wanita kalangan sosial elit sebelum dinasti pertama Mesir muncul sekitar 5100 tahun lalu terlihat sempurna di department store modern.

Detail halus hanya bisa dilakukan perajin khusus dan hanya muncul pada masyarakat sejahtera dan hirarkis seperti Mesir kuno ketika sistem kerajaan pertama kali bersatu di bawah satu penguasa tunggal.


Inovasi pakaian menyesuaikan bentuk tubuh mungkin telah dibuat bahkan lebih awal Tarkhan. Penjahit dan spesialis lainnya muncul dalam masyarakat ketika petinggi kerajaan mencari barang prestise bersama-sama dengan makanan dan kosmetik.

Lipatan di siku dan ketiak juga mengisyaratkan bahwa seseorang pernah mengenakan gaun dan bukan hanya seragam seremonial di batu nisan seperti jubah serupa dengan tulisan rahasia daftar item yang dibawa ke akhirat.

Rujukan : Alice Stevenson & Michael W. Dee. Confirmation of the world’s oldest woven garment: the Tarkhan Dress, Antiquity Project Gallery
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment