Thursday, February 25, 2016

Vaksin Human Papillomavirus (HPV) Menurunkan Kanker Serviks

Penelitian ~ Vaksin HPV pada remaja menurunkan kanker serviks secara drastis. Vaksin Human Papillomavirus (HPV) menurunkan setengah risiko kutil hingga kanker serviks 20 tahun kemudian.

Berita baik. Vaksinasi menurunkan infeksi virus papiloma manusia penyebab utama kanker serviks lebih dari setengahnya di Amerika Serikat, meskipun serapan relatif rendah di negara itu.

Bukti menggembirakan bahwa vakin juga bisa diberikan segera kepada remaja laki-laki karena HPV juga menyebabkan kanker mulut, tenggorokan dan anus serta kutil kelamin.

Data telah siap dipanen karena vaksinasi besar-besaran yang dimulai satu dekade lalu terlalu dini untuk melihat penurunan tingkat kanker serviks, meskipun penelitian telah menunjuk kasus kutil kelamin turun drastis.

Vaksin bernama Gardasil dirancang mencegah kanker serviks yang menargetkan 4 strain HPV penyebab hampir semua kasus kanker jenis ini. Di Australia diberikan secara gratis pada anak-anak menurunkan 92 persen infeksi selama periode 2007-2011.

Virus berdiam di jaringan mukosa lembab alat kelamin dan mulut, menular melalui air mani dan cairan vagina. Kebanyakan orang bisa mengusir infeksi, tapi dalam beberapa hal tetap hidup dan menyebabkan kanker serviks setelah 20 tahun.

Jurnal : Lauri E. Markowitz et al. Prevalence of HPV After Introduction of the Vaccination Program in the United States, Pediatrics, March 2016, DOI:10.1542/peds.2015-1968
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment