Saturday, February 20, 2016

Perempuan Dibayar Lebih Murah di Pasar Lelang Online eBay

Penelitian ~ Meskipun di dunia maya, hasil kerja perempuan dibayar dolar lebih rendah dibanding laki-laki. Bias gender konsisten di semua tempat bahkan juga terjadi di dunia online.

Wanita melakukan bedah saraf di rumah sakit, duduk di kursi hakim, menjadi astronot dan mencalonkan diri sebagai presiden. Tapi ketika datang untuk menjual sesuatu di eBay, mereka tetap ditekan menjadi kelas dua.

Pria mendapatkan 20% lebih banyak dari rata-rata wanita yang menjual produk-produk baru identik di situs belanja online eBay menjadi sekat buram abadi bias sadar yang mempengaruhi perilaku membeli.

John Smith mungkin mendapatkan $300 ketika menjual merek baru iPhone 6 dan Jane Smith hanya mendapatkan $240 bahkan jika kedua listing identik dan pada waktu yang bersamaan.

Wanita yang menjual barang secara online mendapatkan harga yang lebih tinggi jika mereka bersedia menerapkan trik sederhana yaitu berpura-pura memiliki nama sebagai laki-laki.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan salah satu pertama yang menunjuk bagaimana konsistensi ketidaksetaraan dan diskriminasi yang menempatkan perempuan pada posisi kurang menguntungkan bahkan di pasar online.

"Kami tidak terkejut melihat celah tapi terkejut melihat begitu besar gap meskipun perempuan dan laki-laki menjual barang yang persis sama," kata Tamar Kricheli-Katz, sosiolog Tel Aviv University.

Orang tanpa sadar memberikan nilai lebih untuk produk-produk lelang yang dimiliki laki-laki daripada perempuan yang menyebabkan calon pembeli menawar dengan harga lebih.

Kricheli-Katz dan ekonom Tali Regev diperbolehkan eBay Research Lab memeriksa dataset penjualan 420 produk paling populer dari berbagai kategori yang dilakukan para vendor antara tahun 2009 hingga 2012.

Online shop eBay tidak mencantumkan secara eksplisit jenis kelamin penjual, tapi pembeli sering bisa mengetahui mudah dengan melihat nama pengguna penjual dan item produk yang dijual.

"Jika seseorang menjual iPhone, tetapi juga sepatu dan tas maka relatif mudah untuk mengidentifikasi mereka seorang wanita dan semakin banyak item yang dijual semakin akurat kategorisasi," kata Kricheli-Katz.

Salah satu strategi bagi perempuan adalah mengubah nama laki-laki dan menjual 1 item barang laki-laki pada suatu waktu untuk membantu menyembunyikan jenis kelamin meskipun cara ini tidak baik.

"Kita tidak ingin hidup di dunia di mana orang menyembunyikan jenis kelamin mereka. Mungkin tampak strategi yang baik, tetapi kita harus mengurangi kesenjangan ini dengan cara lain," kata Kricheli-Katz.

Jurnal : Tamar Kricheli-Katz & Tali Regev. How many cents on the dollar? Women and men in product markets, Science Advances, 19 Feb 2016, DOI:10.1126/sciadv.1500599
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment